7 Pertanyaan tentang Otonomi Daerah beserta Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
8 Mei 2024 15:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pertanyaan tentang otonomi daerah. Sumber: Pexels/Brett Sayles
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pertanyaan tentang otonomi daerah. Sumber: Pexels/Brett Sayles
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Otonomi daerah adalah salah satu bentuk sistem pemerintahan. Materi mengenai otonomi daerah juga dipelajari pada mata pelajaran PKN kelas 10 semester 2. Oleh karenanya, banyak pertanyaan tentang otonomi daerah yang biasa dijadikan pertanyaan saat ujian.
ADVERTISEMENT
Otonomi daerah pada dasarnya adalah sesuatu yang umum ditemukan di beberapa daerah. Implementasi otonomi daerah dapat bervariasi tergantung pada sistem pemerintahan, struktur politik, dan budaya administratif setempat.

Kumpulan Pertanyaan tentang Otonomi Daerah

Ilustrasi Pertanyaan tentang otonomi daerah. Sumber: Pexels/Simon Berger
Mengutip buku Optimalisasi Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah, Sahemiko, dkk (2023:34), otonomi daerah diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015. Pertanyaan tentang otonomi daerah pun sering ditanyakan dan muncul dalam beberapa ujian.
Pada dasarnya, memahami otonomi daerah adalah sesuatu yang cukup mudah. Banyak sumber ataupun perundang-undangan yang mengatur mengenai otonomi daerah. Berikut beberapa pertanyaan mengenai otonomi daerah.
ADVERTISEMENT
Pertanyaan tentang otonomi daerah dapat bervariasi tergantung pada konteksnya. Dengan memahami pertanyaan dan jawaban mengenai otonomi daerah, maka akan membantu memberikan pemahaman mengenai sistem pemerintahan yang ada di dunia. (BAI)