Apa Saja Vitamin yang Tidak Larut dalam Air? Ini Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 15:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi. Vitamin yang tidak larut dalam air adalah. Sumber: PExels / Badulescu Badulescu
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi. Vitamin yang tidak larut dalam air adalah. Sumber: PExels / Badulescu Badulescu
ADVERTISEMENT
Tubuh memerlukan asupan berbagai jenis vitamin yang mampu membuat tubuh menjadi lebih aktif, sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit. Vitamin yang masuk ke dalam tubuh terserap dan melalui proses metabolisme agar dapat diubah menjadi energi.
ADVERTISEMENT
Secara total, tubuh membutuhkan 13 vitamin dalam jumlah yang cukup, di mana terdiri dari empat vitamin yang larut lemak (A, D, E, K) dan sembilan vitamin yang larut dalam air, terdiri dari vitamin C dan delapan vitamin B: tiamin (B 1), riboflavin (B 2), niasin (B 3), asam pantotenat (B 5), vitamin B 6, folat (B 9) dan vitamin B 12.

Vitamin yang Tidak Larut dalam Air Adalah Vitamin A,D,E,K

Ilustrasi. Vitamin yang tidak larut dalam air adalah. Sumber: Pexels / Anna Shvets
Dikutip dari buku Pengantar Kimia Buku Panduan Kuliah Mahasiswa Kedokteran, Damin Sumardjo (2009:352), vitamin merupakan senyawa organik non protein, non karbohidrat, dan non lemak. Vitamin menjadi bahan senyawa bahan makanan esensial yang diperlukan oleh tubuh.
Vitamin yang dibutuhkan oleh setiap manusia dapat berbeda-beda sesuai dengan kondisi tubuh setiap manusia. Vitamin akan memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan jenis vitamin tersebut. Oleh karena itu vitamin dibentuk secara kimia sebagai bentuk untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
ADVERTISEMENT
Vitamin termasuk kelompok zat pengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kehidupan. Tiap vitamin mempunyai tugas spesifik didalam tubuh. Karena vitamin adalah zat organik maka vitamin dapat rusak karena penyimpanan dan pengolahan. Fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat.
Vitamin sendiri dapat larut oleh 2 hal yaitu larut dalam air dan larut dalam lemak. Lantas, vitamin yang tidak larut dalam air adalah vitamin A,D,E,K yang merupakan jenis vitamin yang hanya dapat larut dalam lemak.
Vitamin yang larut dalam lemak tersusun oleh beberapa unsur-unsur seperti karbon, hidrogen, dan oksigen. Vitamin A sendiri hanya dapat larut dalam kloroform dan eter. Vitamin D hanya larut dalam eter, kloroform, aseton, dan heksana. Vitamin E larut dalam alkohol dan vitamin K larut dalam eter, heksana, aseton, dan benzena.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan mengenai vitamin yang tidak larut dalam air adalah vitamin A,D,E,K yang juga merupakan jenis vitamin yang terlarut dalam lemak. Pada dasarnya, vitamin memiliki 2 jenis yang dapat terlarut yaitu dalam air maupun dalam lemak. Semoga bermanfaat dan menambah informasi. (RFL)