Pengertian Fleksibel, Contoh, dan Manfaatnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
23 Agustus 2023 15:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Felksibel. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Felksibel. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fleksibel adalah konsep yang mendapatkan pengakuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pekerjaan, teknologi, dan pola pikir. Kemampuan untuk beradaptasi, mengubah, atau menyesuaikan diri dengan situasi yang berbeda merupakan ciri khas dari fleksibel.
ADVERTISEMENT
Sikap terbuka untuk berubah dan adaptasi membantu individu dan organisasi merespons perubahan dengan lebih baik, mengurangi stres, dan menciptakan lingkungan yang lebih produktif dan harmonis.

Pengertian Fleksibel

Ilustrasi Pengertian Felksibel. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
Mengutip dari buku Keterampilan Pembelajaran Abad 21, Alif Lukmanul Hakim, S. Fil. (2023), fleksibel adalah kemampuan individu atau objek untuk beradaptasi. Biasanya, dengannya individu tersebut, maka akan mampu bertahan dari "seleksi alam" akibat perubahan.
Fleksibel merujuk pada sifat atau kemampuan untuk berubah, beradaptasi, atau menyesuaikan diri dengan perubahan situasi, tuntutan, atau kondisi. Seseorang atau sesuatu yang fleksibel dapat dengan mudah mengatasi perubahan tanpa mengalami gangguan besar.
Di lingkungan kerja, fleksibel mengacu pada kemampuan individu atau organisasi untuk menyesuaikan jadwal, metode, atau tugas sesuai dengan kebutuhan yang muncul.
ADVERTISEMENT

Contoh Fleksibel

Ilustrasi Contoh Felksibel. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
Berikut adalah contoh nyata dari fleksibel dapat ditemukan dalam berbagai konteks.

Contoh 1

Contoh 2

Manfaat Fleksibel

Ilustrasi Manfaat Felksibel. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
Sikap dan pendekatan yang fleksibel memiliki manfaat yang signifikan dalam berbagai situasi. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Produktivitas

Di tempat kerja, fleksibel dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi karena individu atau organisasi dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan atau pasar.
ADVERTISEMENT

2. Mengurangi Stres

Fleksibel juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan, karena kemampuan untuk beradaptasi mengurangi tekanan yang timbul dari perubahan yang tidak terduga.

3. Memperkuat Hubungan Interpersonal

Dalam lingkungan sosial, fleksibel membantu memperkuat hubungan interpersonal karena individu yang fleksibel cenderung lebih mudah berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.

4. Mengatasi Krisis

Kemampuan untuk beradaptasi juga merupakan keterampilan yang penting dalam menghadapi tantangan hidup, seperti mengatasi krisis atau perubahan besar dalam kehidupan.
Fleksibel adalah kemampuan yang sangat berharga dalam menghadapi kompleksitas dan dinamika kehidupan modern. Baik dalam konteks pekerjaan, teknologi, atau hubungan sosial, fleksibel memainkan peran penting dalam menghasilkan hasil yang positif. (ARR)