Pencarian populer
PUBLISHER STORY
16 Februari 2018 7:26 WIB
..
..

Rangkum 16 Februari 2018: Roro Fitria Ditangkap lalu Albothyl Ditarik

Penyalahgunaan narkoba Roro Fitria. (Foto: Antara/Elora)

Selamat pagi, pembaca kumparan! Agar tidak ketinggalan berita, seperti biasa, kami telah merangkum berbagai informasi seputar peristiwa yang terjadi sepanjang kemarin, 15 Februari 2018.

Yuk, langsung saja cek list berikut.

1. BPOM Bekukan Izin Edar Albothyl

Albothyl. (Foto: Instagram @albothyl.id)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membekukan izin edar Albothyl bentuk cairan obat luar konsentrat. BPOM juga memerintahkan agar obat yang beredar di pasaran ditarik.

"BPOM RI membekukan izin edar Albothyl dalam bentuk cairan obat luar konsentrat hingga perbaikan indikasi yang diajukan disetujui. Untuk produk sejenis akan diberlakukan hal yang sama," tulis Humas BPOM dalam website resminya, Kamis (15/2).

PT. Pharos Indonesia selaku produsen Albothyl dan industri farmasi lain yang memegang izin edar obat mengandung policresulen dalam bentuk sediaan cairan obat luar konsentrat diperintahkan untuk menarik obat dari peredaran. "Selambat-lambatnya 1 bulan sejak dikeluarkannya surat keputusan pembekuan izin edar," katanya.

2. Roro Fitria Ditangkap karena Kasus Narkoba

Roro Fitria. (Foto: Instagram/@roro.fitria1989)

Polisi kembali menangkap selebriti terkait kasus narkoba. Kali ini, polisi dari Polda Metro Jaya menangkap Roro Fitria. "Iya benar," kata Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan saat dikonfirmasi, Kamis (15/2).

Roro ditangkap beserta barang bukti berupa sabu seberat 2,4 gram. Roro ditangkap di kediamannya di Patio Residence, Jagakarsa, Jakarta Selatan. "Saat ini Roro masih dalam pemeriksaan," ungkapnya.

Penangkapan Roro ini hanya berselang sehari dari penangkapan Fachri Albar. Sebelumnya Fachri ditangkap karena kepemilikan dumolid, ganja, dan sabu.

3. KPK Tetapkan 3 Tersangka Dugaan Suap kepada DPRD Lampung Tengah

Mustafa Bupati Lampung Tengah. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)

KPK menetapkan tiga tersangka dugaan suap persetujuan DPRD atas pinjaman daerah untuk pembangunan proyek infrastruktur di Kabupaten Lampung Tengah. Para tersangka diduga mendapat arahan dari Bupati Lampung Tengah Mustafa untuk mengatur suap ini.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, pemberian uang kepada DPRD Kabupaten Lampung diduga untuk mencairkan pinjaman daerah kepada PT SMI sebesar Rp 300 miliar. Uang itu akan digunakan untuk pembangunan proyek infrastruktur yang dikerjakan Dinas Bina Marga Lampung Tengah. "Untuk mendapatkan pinjaman itu, dibutuhkan surat pernyataan untuk disetujui dan ditandatangani DPR sebagai persyaratan MoU dengan PT SMI," kata Syarif di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (15/2).

Pada hari ini (16/12), setelah diperiksa intensif di Gedung KPK selama hampir 4 jam, Bupati Lampung Tengah Mustafa keluar dengan menggunakan rompi tahanan KPK. Ia mengatakan ditahan terkait kasus suap pembangunan infrastruktur Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lampung Tengah.

4. Penembakan di Florida, 17 Orang Tewas

Nikolas Cruz, pelaku penembakan Sekolah Florida. (Foto: Instagram @cruz_nikolas)

Penembakan terjadi di sekolah menengah Florida, Amerika Serikat, menewaskan 17 orang. Pelaku penembakan adalah siswa yang baru saja dikeluarkan karena masalah kedisiplinan.

Dilansir Associated Press, kegiatan belajar sekolah menengah Stoneman Douglas di Park Land, Florida, dikacaukan oleh kedatangan pria bersenjata. Para siswa yang masih berada di dalam kelas langsung lari berhamburan ke luar gedung sekolah ketika pria tersebut dengan brutal memberondong ruang kelas dengan peluru.

Laporan penembakan direspons cepat oleh kepolisian setempat. Kepolisian Florida berhasil menangkap pelaku bernama Nicolas Cruz, pemuda 19 tahun yang baru saja dikeluarkan dari sekolah tersebut. Dalam penangkapan, diamankan barang bukti yaitu satu pucuk senjata serta beberapa magasin peluru.

5. Ketum PAN: Muzani, Basarah, dan Cak Imin Wakil Ketua MPR Baru

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Dok. DPP PAN)

Pelantikan pimpinan DPR, MPR, dan DPD yang baru hingga saat ini belum bisa dilakukan. Pelantikan masih belum dilakukan karena menunggu revisi UU MD3 itu resmi diundangkan. Hingga saat ini Presiden Joko Widodo belum menandatangani revisi UU MD3.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyebut pelantikan masih menunggu penomoran UU dari pemerintah. "Belum ada nomornya, sehingga DPR belum melantik. Nanti begitu DPR melantik lalu kita hari yang sama atau setelah itu," kata Zulkifli di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/2).

Kendati demikian, Ketua Umum PAN ini menyebut bahwa nama-nama yang bakal duduk di kursi pimpinan MPR adalah yang beredar selama ini. Yaitu Muhaimin Iskandar sebagai Wakil Ketua MPR dari PKB, Ahmad Muzani dari Gerindra, hingga Ahmad Basarah dari PDIP.

6. 100 RW di Jakarta Terendam Banjir

Banjir di Pulo Gadung, Jakarta Timur. (Foto: dok. Hary T Djatmiko/BMKG)

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Kamis (15/2) menyebabkan banjir di beberapa titik. Banjir dengan ketinggian bervariasi diperkirakan merendam 100 RW.

Jubir BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, berdasarkan pantauan timnya, Kamis (15/2) pukul 17.30 WIB, ada 4 kota, 36 kelurahan, dan 100 RW yang masih dilanda banjir dan genangan. Namun Sutopo tak membeberkan ketinggian air di kawasan tersebut.

Sutopo menyebut munculnya banjir dan genangan disebabkan oleh drainase perkotaan yang tidak mampu mengalirkan aliran permukaan. Hujan lebat menyebabkan aliran permukaan melebihi kapasitas pengaliran drainase. Namun menurutnya banjir dan genangan saat ini lebih cepat surut. "Jakarta makin rentan banjir karena terkait dengan terbatasnya kawasan resapan air," kata Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan (kumparan.com).

7. Polisi Tangkap Ayah dari Bayi yang Ditelantarkan di Minimarket

Bayi tergeletak di lantai Alfamart. (Foto: Instagram @nanaaelena)

Polres Metro Jakarta Pusat berhasil mengamankan Zalfur (61) atau yang akrab dipanggil Suling. Suling berhasil diamankan petugas, Rabu (14/2/), sekitar pukul 17.00 WIB.

Suling merupakan ayah dari bayi yang ditelantarkan di minimarket di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat. Video bayi berusia 11 bulan yang telantar itu sempat viral di media sosial. "Iya sudah kami amankan kemarin, bapak dan anaknya," kata Kanit PPA Polres Metro Jakarta Pusat, Ayu Tri Umami, kepada wartawan, Kamis (15/2).

Setelah memeriksa Suling, polisi memastikan tidak ada unsur pidana pada peristiwa itu. Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu menegaskan peristiwa ini murni masalah ekonomi. “Setelah kami amankan, kami mendapat keterangan bahwa ZR merupakan ayah kandung anak ini, dan tidak ada unsur pidana, murni ini motif ekonomi,” kata Roma saat jumpa pers di Makopolres Jakarta Pusat, Kamis (15/2).

8. Polisi Temukan Panduan Jihad di Rumah Pemuda yang Akan Serang Mapolresta

Ilustrasi teroris (Foto: Thinkstock)

Polresta Probolinggo terus mengembangkan kasus penangkapan ML (23), pemuda yang hendak menyerang polisi di Mapolresta Probolinggo, Jawa Timur. Di rumahnya, polisi menemukan buku panduan jihad.

Usai menangkap ML yang hendak menyerang polisi di Mapolresta Probolinggo, petugas kemudian melakukan penggeledahan di rumahnya yang beralamat di Dusun Krajan RT 4 RW 3, Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Saat digeledah, terdapat sejumlah barang tersimpan di rumah itu kosong.

Barang bukti itu adalah 2 buku ringkasan ‘Al-Umdah’ dan buku berjudul ‘Kalau Bukan Tauhid Apalagi’. Selain itu, polisi juga menemukan 1 lembar panduan aqidah jihad. “Betul saat dilakukan penggeledahan rumahnya kosong. Namun sejumlah barang bukti kita amankan,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP. Alfian Nurrizal.

9. Populasi Orang Utan di Kalimantan Selatan Cuma 5 Ekor

Orang Utan Bersama Anaknya. (Foto: Instagram @tanjungputing)

Tim Konservasi Keanekaragaman Hayati Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan, memprediksi populasi orang utan Kalimantan (pongo pygmaeus) di Kalimantan Selatan tidak lebih dari 5 ekor. Asumsi ini berdasarkan tiga kali survei ke Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara; dan Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.

Seorang anggota Konservasi Keanekaragaman Hayati BKSDA Kalsel, Hafiz Muhardiansyah, mengatakan survei ke kedua kecamatan itu pada 2014, 2015, dan terakhir November 2017. Menurut Hafiz, ada kemungkinan populasi orang utan ini berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah yang bermigrasi ke Kalimantan Selatan.

“Populasi di Kalsel ini ada kemungkinan asal-usulnya dari Kabupaten Barito Selatan (Provinsi Kalteng). Mungkin habitatnya di Barsel mulai terganggu, ada konflik dengan manusia, dan pakannya berkurang, jadi lari ke Kalsel,” kata Hafiz kepada Banjarhits.id, Kamis (15/2).

Baca selengkapnya: Populasi Orang Utan di Kalsel Diprediksi Cuma 5 Ekor

Baca juga: Cerita Nani yang Harus Diamputasi Kaki Kanannya setelah Diurut

10. Mantan OB Novanto Pernah Tukar Dolar Lalu Disimpan dalam Kardus Rokok

Sidang lanjutan Setya Novanto (Foto: Helmi Afandi/kumparan)

Penuntut umum KPK kembali menggali dugaan aliran uang yang diterima Setya Novanto melalui sejumlah perusahaan dan money changer. Diduga, pemberian uang itu didapat lantaran Setya Novanto berhasil mengatur jalannya proyek e-KTP.

Mantan office boy Setya Novanto, Abdullah, mengaku pernah diminta Novanto untuk menarik uang di money changer. Kendati sudah bekerja selama enam tahun di perusahaan mantan bosnya, Abdullah mengaku tak pernah bertanya untuk apa uang itu akan digunakan.

"Ya atas perintah Pak Novanto, (tukar) di Melawai Fitopili di Pacific Place (Jakarta), (money changer) Inti Valuta Sukses," ujar Abdullah saat bersaksi untuk Setya Novannto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (15/2).

Baca selengkapnya: Mantan OB Novanto Pernah Tukar Dolar Lalu Disimpan dalam Kardus Rokok

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53