kumparan
29 Desember 2018 3:12

Rangkum 29 Desember 2018: 20 Pejabat PUPR Dibekuk, Gajah Mati Membusuk

Komisi Pemberantasan Korupsi yang menangkap 20 pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjadi pembuka Rangkum edisi ini. Berikut selengkapnya.
ADVERTISEMENT
1. 20 Pejabat Kementerian PUPR Terjaring OTT KPK
Ilustrasi kasus KPK (Foto: Basith Subastian/kumparan)
KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada 20 pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Salah satunya, pejabat pembuat komitmen yang berasal dari Direktoral Jenderal Cipta Karya.
Penangkapan itu berkaitan dengan penyelewengan proyek Saluran Penyediaan Air Minum di beberapa daerah yang diduga untuk kebutuhan tanggap bencana. KPK juga menyita barang bukti Rp 500 juta, SGD 25.000, dan satu kardus berisi uang tunai.
2. 12 Anggota DPRD Jambi Jadi Tersangka KPK terkait Kasus Dugaan Suap Pengesahan APBD
Zumi Zola Zulkifli (kiri) bersama Ketua DPRD Jambi Cornelis Buston. (Foto: ANTARA FOTO)
KPK menetapkan 12 anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai tersangka atas kasus dugaan menerima suap pengesahan APBD Jambi. Para anggota DPRD Jambi yang ditangkap terdiri dari tiga unsur pimpinan DPRD, enam pimpinan fraksi, dan tiga anggota DPRD Jambi.
ADVERTISEMENT
Mereka diduga menerima suap dari Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola, agar menyetujui rancangan APBD Jambi tahun 2017-2018. Adapun, KPK juga menetapkan seorang pihak swasta bernama Joe Fandy Yoesman alias Asiang sebagai tersangka. Asiang diduga menjadi penyandang suap kepada Zumi Zola.
3. Mbah Putih Ditangkap Satgas Antimafia Bola di Yogyakarta
Anggota Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Dwi Irianto. (Foto: Arfiansyah Panji/ kumparan)
Dwi Irianto alias Mbah Putih, anggota Komisi Disiplin (Komdis) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Ketua Asprov PSSI Yogyakarta, ditangkap Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola. Penangkapan Mbah Putih diduga terkait pengaturan skor yang melibatkan Persibara Banjarnegara. Klub Liga 3 itu diduga menyuap Mbah Putih agar dapat melaju ke Liga 2 2019 dengan mulus.
ADVERTISEMENT
4. Seekor Gajah Jantan Ditemukan Mati Tanpa Gading di Bener Meriah, Aceh
BKSDA Temukan Gajah Liar Mati Tanpa Gading di Bener Meriah. (Foto: Dok. BKSDA Aceh)
Seekor gajah jantan ditemukan mati membusuk dan gading sudah hilang di Desa Pantan Lah, Kecamatan Pintu Rie Gayo, Bener Meriah, Aceh. Gajah yang dijuluki 'si Bongkok' itu diperkirakan sudah mati sejak 15 hari yang lalu. Sebelumnya, gajah tersebut pernah dirawat oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan tim kedokteran dari Fakultas Kedokteran Unsyiah karena terluka akibat perkelahian kawanan gajah pada September 2018.
5. Jurnalis Metro TV Rifai Pamone Tutup Usia
Jurnalis MetroTV, Rifai Pamone. (Foto: instagram @rifai.pamone)
Kabar duka datang dari seorang jurnalis Metro TV, Rifai Pamone, yang meninggal dunia karena penyakit tumor kelenjar getah bening. Sebelumnya, pria yang lahir pada 12 November 1981 di Halmahera itu telah menjalani perawatan selama beberapa bulan di rumah sakit di Kendari, Sulawesi Tenggara.
ADVERTISEMENT
"Insyaallah akan dimakamkan ba'da zuhur di samping makam ibunya di Kendari. Mohon doa untuk Pamone," kata Anie Rahmi, presenter Metro TV kepada kumparan, Jumat (28/12).
____________
Jangan lewatkan Rangkum edisi lainnya di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan