Konten dari Pengguna

Perbedaan Trikora dan Dwikora yang Terkadang Disamakan

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
7 Mei 2024 18:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perbedaan Trikora dan Dwikora. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/fajriyan
zoom-in-whitePerbesar
Perbedaan Trikora dan Dwikora. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/fajriyan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Trikora dan Dwikora merupakan dua peristiwa penting yang ada dalam sejarah Indonesia dan berhubungan dengan Tentara Nasional Indonesia. Ada beberapa perbedaan Trikora dan Dwikora yang terkadang dianggap sama oleh masyarakat.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya Trikora dan Dwikora merupakan dua komando rakyat yang memiliki perbedaan pada fokus dan tujuan pelaksanaannya. Untuk lebih jelasnya simak dalam pembahasan berikut ini.

Perbedaan Trikora dan Dwikora

Perbedaan Trikora dan Dwikora. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kony
Jika ingin melihat perbedaan trikora dan dwikora maka harus mulai memahami dua kebijakan tersebut lebih dulu. Dikutip dari buku Bahan Ajar Strategi Pertahanan karya Kolonel Tek. Dr. Ir. Hikmat Zakky Almubaroq dkk., Trikora merupakan deklarasi yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno.
Deklarasi ini memiliki tujuan utama untuk menyatukan Irian Barat yang sekarang merupakan Papua menjadi bagian dari wilayah Republik Indonesia. Deklarasi ini merupakan deklarasi yang dikeluarkan pada tanggal 19 Desember 1961.
Trikora sebenarnya singkatan dari Operasi Tri Komando Rakyat, sebuah operasi militer gabungan Indonesia dan Uni Soviet yang bertujuan untuk merebut Irian Barat (Papua) dari Belanda pada tahun 1961 dan 1962. Operasi Trikora dimulai pada 19 Desember 1961, saat Presiden Soekarno memerintahkan di Alun-alun Utara Yogyakarta
ADVERTISEMENT
Isi Trikora adalah:
Sementara itu yang dimaksud dengan Dwikora adalah Dwi Komando Rakyat yaitu komando yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno pada 3 Mei 1964 sebagai respons atas rencana pembentukan Federasi Malaysia.
Dwikora bertujuan untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan Republik Indonesia, mencegah pembentukan Federasi Malaysia, dan mendukung hak-hak rakyat di wilayah-wilayah tersebut untuk menentukan nasib sendiri.
Dwikora juga bertujuan untuk mempererat hubungan dengan negara-negara yang bersekutu dengan Indonesia, seperti Filipina, Tiongkok, Uni Soviet, dan Vietnam. Kebijakan ini disertai dengan konfrontasi, yang diartikan sebagai suatu bentuk sengketa atau konflik antara dua negara atau lebih, yang menggunakan segala cara kecuali perang terbuka.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penjelasan tersebut maka perbedaan Trikora dan Dwikora bisa dilihat dari tujuannya. Di mana Trikora bertujuan untuk merebut Irian Barat sedangkan Dwikora bertujuan untuk menggagalkan pembentukan Federasi Malaysia.
Demikian adalah pembahasan mengenai perbedaan Trikora dan Dwikora yang terkadang dianggap sama oleh masyarakat. (WWN)