3 Cara Merawat Katak Pacman bagi Orang yang Baru Memeliharanya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 23:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Merawat Katak Pacman. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Crystal McClernon
zoom-in-whitePerbesar
Cara Merawat Katak Pacman. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Crystal McClernon
ADVERTISEMENT
Katak Pacman merupakan salah satu jenis katak yang cukup menarik untuk dijadikan hewan peliharaan.
ADVERTISEMENT
Bagi penggemar reptil atau amfibi dan ingin memelihara jenis katak ini wajib mengetahui cara merawat katak pacman agar bisa tumbuh dengan otpimal. Untuk lebih jelasnya, simak dalam pembahasan berikut ini.

3 Cara Merawat Katak Pacman bagi Pemula

Cara Merawat Katak Pacman. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Robert Zunikoff
Katak pacman adalah kata yang memiliki bentuk bulat dan mulut yang lebar sehingga mirip dengan karakter di dalam game arcade bernama Pacman.
Dikutip dari buku Amfibi karya Enik Sunyahni, (2023) katak Pacman adalah kata yang memiliki bentuk tubuh mata besar dan mulut lebarnya yang khas. Katak jenis ini telah memikat hati banyak penggemar reptil dan amfibi.
Namun, memelihara katak unik ini membutuhkan pengetahuan dan persiapan khusus. Bagi para pemula, simak cara merawat katak pacman berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Siapkan Kandang yang Tepat

Katak Pacman dewasa membutuhkan kandang minimal 20 galon (75 liter) untuk memastikan ruang gerak yang cukup.
Gunakan substrat seperti tanah kelapa atau lumut sphagnum yang mampu menjaga kelembapan. Hindari pasir atau kayu karena dapat tertelan dan membahayakan katak.
Agar katak merasa nyaman dan tidak mudah stres maka sediakan tempat persembunyian yang lembab, seperti potongan kayu atau kulit pohon, agar katak merasa aman dan nyaman.
Terakhir, jangan lupa untuk meletakkan wadah air dangkal yang cukup besar untuk katak merendam badannya. Ganti air secara teratur untuk menjaga kebersihan.

2. Perhatikan Jenis Makanan

Katak Pacman adalah karnivora obligat, artinya mereka hanya memakan makanan hewani. Makanan hidup seperti jangkrik, cacing tanah, dan ulat hongkong menjadi pilihan utama.
ADVERTISEMENT
Jika memberikan makan usahakan untuk memberi makan yang sesuai dengan ukuran mulut dari katak. Hindari memberi makanan yang ukurannya lebih besar dari kepala katak pacman karena bisa membuatnya mati.
Katak dewasa cukup diberi makan 2-3 kali seminggu, sementara katak muda membutuhkan makan lebih sering (3-4 kali seminggu).

3. Jangan Lupa Membersihkan Kandang

Agra katak ini tidak stres serta tidak terserang penyakit, jangan lupa untuk membersihkan kandang katak secara rutin dengan cara mengganti substratnya. Jangan tunggu sampai berbau.
Itulah penjelasan mengenai cara memelihara katak pacman untuk pemula. (WWN)