5 Cara Menanam Sayuran di Rumah, Cocok untuk Bisnis Rumahan!

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
24 Maret 2023 20:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menanam sayuran. Sumber foto: Silvia/Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menanam sayuran. Sumber foto: Silvia/Pixabay.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara menanam sayuran di rumah bisa dilakukan siapa saja, bahkan bisa dijadikan bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa merawat sayuran sepanjang hari tanpa pergi ke sawah. Otomatis, perawatannya bisa optimal sampai masa panen.
ADVERTISEMENT

Cara Menanam Sayuran di Rumah

Ilustrasi cara menanam sayuran. Sumber foto: Congerdesign/Pixabay
Dikutip dari buku yang berjudul Optimalisasi Pekarangan Rumah untuk Budidaya Sayuran dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Masa Pandemi Covid-19 yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Ruslan Masjid dkk, aktivitas menanam sayuran di rumah menjadi aktivitas yang bermanfaat dan menjadi sumber penghasilan untuk keluarga. Menanam sayuran juga membuat lingkungan rumah sejuk, nyaman dan sehat.
Cara menanam sayuran di rumah bisa direalisasikan dengan baik. Anda tinggal menyesuaikan waktu luang agar kegiatan menanam sayuran tak menjadi beban. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Pembibitan

Langkah pertama adalah pembibitan. Pilihan jenis bibit sayuran yang sehat dan bebas dari hama. Setiap jenis sayuran memiliki bibit berbeda. Ada sayuran yang harus disemai dan ada bibit sayuran yang tak membutuhkan persemaian sebelum di tanam.
ADVERTISEMENT
Lakukan teknik pembibitan dengan baik dan perhatikan faktor kecukupan gizi, air dan pencahayaan agar bibit tumbuh maksimal.

2. Pengolahan Tanah

Anda harus memperhatikan pengolahan tanah dengan baik agar budidaya sayuran di rumah berhasil dipanen. Lakukan penggemburan tanah dan pastikan apakah lahan di rumah Anda cocok untuk menanam sayuran pilihan atau tidak.

3. Penanaman Bibit

Cara menanam sayuran di rumah berikutnya adalah penanaman bibit. Baik bibit yang memerlukan semai atau tidak bisa langsung ditanam di media tanam.
Tetapi, perhatikan jarak antara bibit satu dengan yang lainnya agar hasil panen berkualitas. Jika Anda tak memperhatikan jaraknya, hasil panen buruk dan tak memiliki nilai ekonomis tinggi.

4. Pemeliharaan Tanaman

Saatnya Anda memelihara sayuran yang ditanam di pekarangan rumah. Jangan lupa berikan pupuk agar tanaman mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, penyiangan atau pemangkasan sebagai stimulus agar sayuran bisa produktif dan pengairan.
ADVERTISEMENT

5. Panen dan Pascapanen

Anda bisa menanam aneka sayuran jika lahan di rumah cukup luas. Tetapi harus diingat karena masa panen setiap sayuran berbeda, Anda harus mengetahui ciri-ciri sayuran yang siap panen belum siap panen.
Saat masa panen, Anda akan merasakan manfaatnya yang besar. Yaitu mendapat keuntungan dan memiliki kebahagiaan tersendiri karena bisa memanen hasil sayuran sendiri.
Cara menanam sayuran menjadi kegiatan ringan yang menguntungkan. Tak heran bisa dilakukan oleh kaum laki-laki maupun ibu rumah tangga karena caranya mudah. (ASP)