Konten dari Pengguna

5 Cara Merawat Motor Trail untuk Pemula Agar Tidak Gampang Rusak

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
30 April 2024 23:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Merawat Motor Trail untuk Pemula. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Gabriel Sanchez
zoom-in-whitePerbesar
Cara Merawat Motor Trail untuk Pemula. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Gabriel Sanchez
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Motor trail merupakan salah satu jenis sepeda motor yang telah dimodifikasi atau memiliki spesifikasi khusus karena digunakan untuk medan berat.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, ada beberapa cara merawat motor trail untuk pemula yang perlu diperhatikan agar tidak mudah rusak. Untuk lebih jelasnya, simak dalam pembahasan berikut ini.

5 Cara Merawat Motor Trail untuk Pemula

Cara Merawat Motor Trail untuk Pemula. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Marcos Moraes
Dikutip dari buku Ayah, Guruku, Guru Kami karya Lesye Martini dkk (2018: 46), sepeda motor trail adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk digunakan pada medan berat atau off road. Motor ini merupakan motor yang didesain khusus tetap nyaman meski berada di medan berat.
Motor trail menjadi salah satu motor yang disukai oleh pecinta adventure dan petualangan karena bisa digunakan untuk menerobos hutan dan medan berat lainnya. Meski didesain khusus, motor ini harus dirawat agar tidak cepat rusak.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah beberapa cara merawat motor trail untuk pemula yang perlu diperhatikan agar tidak cepat rusak.

1. Mengganti Oli Mesin Secara Rutin

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika berbicara perawatan motor adalah mengganti oli mesin secara berkala. Oli mesin memiliki peran yang sangat penting karena memberikan pelumasan pada komponen dalam mesin.
Oli mesin yang tidak diganti secara rutin akan membuat komponen di dalam mesin menjadi cepat aus dan cepat rusak. Karena digunakan pada medan berat maka harus menggunakan oli yang tepat juga.

2. Rajin Membersihkan Filter Udara

Filter udara menjadi komponen lainnya yang harus dibersihkan secara berkala. Filter udara yang kotor dapat mengganggu performa mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Jika filter sudah rusak maka harus diganti dengan yang baru.
ADVERTISEMENT

3. Periksa Rem dengan Rutin

Rem merupakan salah satu bagian yang wajib diperiksa sebelum digunakan, terutama ketika motor digunakan untuk medan berat.
Periksa kondisi kampas rem dan minyak rem secara berkala. Pastikan rem berfungsi dengan baik untuk menjaga keselamatan saat berkendara.

4. Hindari Teknik Berkendara Ugal-ugalan

Hindari kebiasaan berkendara yang kasar dan memaksakan mesin, seperti melakukan wheelie atau jumping yang berlebihan. Teknik berkendara yang halus akan memperpanjang usia pakai mesin dan komponen lainnya.

5. Konsultasi dengan Mekanik

Jika ragu atau tidak yakin tentang cara merawat motor trail, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik yang berpengalaman. Mekanik dapat membantu dalam melakukan perawatan motor trail dan memberikan tips-tips bermanfaat lainnya.
Demikian pembahasan mengenai cara merawat motor trail untuk pemula. Perawatan yang tepat akan membuat motor menjadi tidak gampang rusak. (WWN)
ADVERTISEMENT