Food & Travel
·
9 April 2021 17:16

Tentang Pencinta Kopi dan Tren Cafe Vlog

Konten ini diproduksi oleh Sevilla Nouval Evanda
Tentang Pencinta Kopi dan Tren Cafe Vlog (67106)
Cafe vlog adalah vlog tentang kopi, kedai kopi, dan pencinta kopi. (Foto : Pexels/Verschoren)
Minum kopi telah menjadi tren kegemaran banyak pemuda masa kini. Terlebih, di masa pandemi, banyak kawula muda yang menggunakan kopi sebagai “teman” saat bekerja maupun istirahat.
ADVERTISEMENT
Pada awalnya, kita akan terpikir dengan negara-negara seperti Brazil atau Amerika Serikat saat sedang membicarakan kopi. Hanya saja, tren minat terhadap kopi terus meningkat secara global, termasuk di Asia. Mantan Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, pernah mengatakan bahwa konsumsi kopi dunia rata-rata meningkat 8,8% pertahun.
Sementara itu, di pasar kopi Asia Pasifik, Korea Selatan telah menjadi salah satu negara yang penduduknya paling sering mengonsumsi kopi. Korea Economic Institute of America melaporkan, rata-rata masyarakat Korea Selatan meminum 12,3 cangkir kopi perminggu.
Sebab itulah, saat membuka aplikasi video seperti YouTube, kamu bisa dengan mudah menemukan video-video yang menampilkan tema kopi, termasuk café vlog, dari Korea Selatan. Ini disebabkan tingginya konsumsi kopi serta banyaknya Youtuber ternama di negara pencipta genre K-Pop itu.
ADVERTISEMENT

Kenapa Harus Café Vlog?

Pada dasarnya, penikmat konten-konten ini bukan hanya dari kalangan pencinta kopi, tetapi juga mereka yang gemar melihat proses pembuatan minuman. Bahkan, meski tak berminat pada rasa kopi, ada orang yang menyukai konten café vlog karena menyukai warna cokelat muda atau pekat, khas ala kopi.
Kamu tidak perlu khawatir akan merasa bosan saat menikmati konten café vlog. Sebab, berbagai cara penyajian video bakal kamu temukan saat mencarinya. Paling banyak, kamu akan menemukan konten café vlog ala barista kopi yang sedang bekerja.
Saat melihat konten ini, otomatis kamu akan tahu wujud peralatan dan perlengkapan yang ada di balik meja pembuatan kopi. Cara mereka menghidangkan minuman pun bakal menimbulkan sensasi segar yang membuatmu jadi ingin meminumnya.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa menemukan café vlog yang kental akan sensasi menenangkan, ASMR. Biasanya, konten-konten ini berfokus pada volume suara serta tampilnya detail pembuatan kopi yang sangat satisfying.
Tak melulu soal proses pembuatan kopi dan barista kopi, kamu bisa tetap membuat café vlog ala pengunjung yang menikmati waktumu di kafe favorit. Contohnya, seperti café vlog yang dibuat kanal YouTube anyway gray. Ia banyak menyorot hidangan kopi dan suasana di kafe yang ia kunjungi.
Tentang Pencinta Kopi dan Tren Cafe Vlog (67107)
Foto : Kanal YouTube anyway gray
Menariknya, café vlog tak selalu dilakukan di kafe. Bahkan, ada yang membuat café vlog ala kafe rumahan di kediaman masing-masing. Biasanya, vlog ini lebih sering dinamai home café. Penampilan umumnya sederhana: gelas, mesin espreso, susu, dan kopi tentunya.
Tentang Pencinta Kopi dan Tren Cafe Vlog (67108)
Foto : Kanal YouTube cherry ge

3 Rekomendasi Café Vlog ala Barista dalam Negeri yang Bisa Kamu Tonton

ADVERTISEMENT
Ludovikus Andrew adalah seorang penggemar kopi dan pemilik kafe. Di kanal YouTube-nya, ia mengunggah video-video café vlog ketika ia bekerja di kafe miliknya.
Tentang Pencinta Kopi dan Tren Cafe Vlog (67109)
Foto : Kanal YouTube Ludovikus Andrew
Sejauh ini, kanal YouTube Ayudya Ranindita telah mengunggah 5 café vlog. Vlog pertamanya menceritakan harinya sebagai seorang barista kopi.
Tentang Pencinta Kopi dan Tren Cafe Vlog (67110)
Foto : Kanal YouTube Ayudya Renindita
Kanal ian’s channel menampilkan kesehariannya saat bekerja di kafe. Bukan merupakan vlog ASMR, café vlog ini memperlihatkan suasana pembuatan kopi dan peralatan dalam kafe.
Tentang Pencinta Kopi dan Tren Cafe Vlog (67111)
Foto : Kanal youTube ian's channel