5 Cara Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
21 September 2023 7:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi, Foto: Unsplash/Mufid Majnun
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi, Foto: Unsplash/Mufid Majnun
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi ancaman di bidang Ideologi wajib diketahui masyarakat. Dengan memahami cara tersebut, integrasi nasional akan mudah terwujud.
ADVERTISEMENT
Ideologi merupakan kumpulan ide, gagasan, atau aqidah 'aqliyyah (akidah yang sampai melalui proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan. Hampir semua bangsa tidak dapat lepas dari pengaruh ideologi tidak terkecuali Indonesia.
Pancasila merupakan ideologi dari bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman hidup memiliki status yang resmi dan tercantum pada alinea IV Undang-Undang Dasar 1945 Republik Indonesia.

Cara Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi

Ilustrasi Cara Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi, Foto: Unsplash/Syahrul Alamsyah Wahid
Berikut adalah berbagai cara mengatasi ancaman di bidang Ideologi, mengutip dari laman kemendagri.go.id.
Strategi mengatasi ancaman integrasi nasional di bidang ideologi yang pertama adalah dengan mempelajari Pancasila. Pancasila menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pelajaran tentang Pancasila ada dalam kurikulum SD. Mempelajari Pancasila sejak dini ini bertujuan supaya siswa bisa lebih memahami dan mengerti tentang pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan mempelajari Pancasila, maka masyarakat tidak akan mudah terpengaruh dengan pemikiran barat yang memiliki ideologi berbeda.
ADVERTISEMENT
Cara kedua yaitu memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi atau pengetahuan kepada rakyat mengenai pihak asing harus diberikan.
Hal ini agar masyarakat tidak mudak percaya terhadap pengaruh asing, terlebih yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Informasi dapat dilakukan melalui seminar, penyuluhan, iklan, dan media sosial.
Cara ketiga yaitu membentengi diri melalui pemimpin agama. Pemerintah dapat mengajak pemimpin agama untuk bersama-sama membentengi diri terhadap kemungkinan adanya ancaman bermuatan ideologi. Hal ini karena pemimpin agama memiliki pengaruh sangat penting dalam masyarakat.
Cara keempat yaitu pertahanan nonmiliter sebagai garda terdepan. Ancaman ideologi mengarah pada ancaman secara pemikiran atau penyebaran ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi nasional. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah menumbuhkan bela negara dan memperdalam rasa cinta terhadap negara.
ADVERTISEMENT
Cara terakhir yaitu menangkal ancaman melalui unsur kementerian. Pemerintah harus bersatu melawan ancaman ideologi Pancasila. Contoh: Rutin mengadakan upacara bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai acara atau aktivitas, dan lain-lain.
Itulah berbagai cara mengatasi ancaman di bidang Ideologi yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat. (Bay)