Konten dari Pengguna

5 Cara Menggunakan Eyeliner untuk Pemula

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
17 Juni 2023 15:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Menggunakan Eyeliner. Foto: Unsplash/Artem Labunsky
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Menggunakan Eyeliner. Foto: Unsplash/Artem Labunsky
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dengan menggunakan eyeliner, kita bisa tampil beda dengan riasan mata yang cantik. Sepertinya memang terlihat mudah, tetapi bagi para pemula, cara menggunakan eyeliner merupakan suatu tantangan tersendiri.
ADVERTISEMENT
Eyeliner menjadi salah satu produk yang menjadi andalan untuk mempercantik riasan di mata. Salah satu langkah pertama untuk mengaplikasikan eyeliner adalah mengenal jenis-jenisnya dan memilih sesuai dengan kebutuhan.

5 Cara Menggunakan Eyeliner

Ilustrasi Cara Menggunakan Eyeliner. Foto: Unsplash/David Levêque
Berikut adalah tata cara menggunakan eyeliner untuk pemula agar terlihat lebih menarik, yang dikutip dari buku yang berjudul Buku Pintar Merawat Kecantikan Di Rumah, Windya Novita, (2013:142).

1. Pilih Warna Eyeliner

Pilih warna eyeliner sesuai warna mata. Untuk orang Asia, pilihan warna eyeliner terbaik adalah hitam, cokelat, atau plum.
Namun, apa pun pilihan warna eyeliner, pastikan menyatu dengan warna eye shadow.

2. Ambil Posisi yang Nyaman

Sebelum mengaplikasikan eyeliner, ambillah posisi yang nyaman. Jika kesulitan memastikan tangan tidak gemetar selama melakukannya, cobalah duduk dan biarkan meja menopang siku.
ADVERTISEMENT

3. Tarik Garis Tipis Pada Garis Kelopak Mata

Dengan eyeliner, tarik garis tipis pada garis kelopak mata, dari bagian dalam sampai ujung mata.
Lakukan sambil menarik ujung kelopak mata agar kulit pada area yang akan diberi eyeliner dalam keadaan tegang, yang akan mempermudah pengaplikasian.

4. Ulangi Proses Pengaplikasian

Silakan mengulangi proses aplikasi sekali lagi, tetapi jangan mulai dari ujung dalam mata. Mulai aplikasi dari bagian tengah, lalu buat garis lebih tebal pada bagian ujung dengan garis yang mencuat.
Jika ingin mengaplikasikan eyeliner pada kelopak bawah mata, lebih baik pilih eyeliner pensil. Tarik ujung kelopak mata agar bisa melihat area kelopak mata bawah secara lebih jelas.

5. Pertajam

Jika memiliki mata yang besar, cukup tarik garis dari pertengahan, bukan dari ujung dalam mata. Jika memiliki mata yang kecil, tarik garis dari ujung dalam mata.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakan eyeliner memang gampang-gampang susah, tetapi jika sering berlatih maka akan terbiasa melakukannya sehingga tidak melakukan kesalahan yang berujung pada perapian kembali make-up mata yang sudah jadi. (Diah)