Cara Buat Kartu Keluarga secara Online Terbaru 2023

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
2 Agustus 2023 19:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Buat Kartu Keluarga secara Online. Unsplash/Scott Graham
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Buat Kartu Keluarga secara Online. Unsplash/Scott Graham
ADVERTISEMENT
Selain KTP yang sudah dapat dibuat secara online, cara buat Kartu Keluarga secara online juga sudah bisa dan pastinya ada beberapa syarat dan prosedur yang perlu dipahami terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman dinpendukcapil.purbalinggakab.go.id, Kartu Keluarga memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga yang mana wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Kartu ini berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarganya.

Cara Buat Kartu Keluarga Online, Ketahui Syarat dan Prosedurnya

Ilustrasi Cara Buat Kartu Keluarga secara Online. Unsplash/Gavi
Berikut cara buat kartu keluarga online lengkap dengan dokumen yang diperlukan dan prosedurnya:

1. Persiapan Dokumen

Sebelum ke prosedur cara buat Kartu Keluarga online, berikut beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan:
ADVERTISEMENT

2. Akses Laman Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Setelah dokumen-dokumen yang diperlukan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengakses situs resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di wilayah domisili saat ini untuk memulai layanan pembuatan Kartu Keluarga online.

3. Registrasi Akun

Kemudian, pada laman resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, cari opsi untuk registrasi atau membuat akun baru. Pendaftar perlu mengisi formulir dengan informasi pribadi dan memilih username serta password.

4. Pengajuan Pembuatan Kartu Keluarga

Setelah berhasil membuat akun, pendaftar akan diarahkan ke halaman pengajuan permohonan Kartu Keluarga secara online. Ikuti petunjuk yang diberikan dan lengkapi informasi yang diminta, seperti data diri anggota keluarga, nomor KTP, dan dokumen pendukung lainnya.

5. Upload Dokumen

Pada tahap ini, pendaftar harus meng-upload salinan dokumen-dokumen pendukung yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan semua dokumen ter-upload dengan jelas dan sesuai dengan format yang diperbolehkan.
ADVERTISEMENT

6. Verifikasi Dokumen

Setelah semua informasi dan dokumen telah di-upload, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan memverifikasi dokumen yang telah diberikan.
Proses ini bisa memerlukan beberapa hari atau lebih, tergantung pada kebijakan setempat. Jika semua data dinyatakan valid, pendaftar akan menerima pemberitahuan persetujuan untuk Kartu Keluarga online.

7. Unduh Kartu Keluarga Online

Pada tahap terakhir setelah permohonan disetujui, pendaftar akan diberikan akses untuk mengunduh Kartu Keluarga dalam format digital secara online.
Jangan lupa simpan dan cetak salinan Kartu Keluarga tersebut untuk keperluan administrasi dan identitas keluarga.
Perlu diingat, sebelum melakukan cara buat Kartu Keluarga secara online, pastikan semua dokumen sudah siap dan valid agar tidak ada perbaikan saat verifikasi dokumen. (Andi)
ADVERTISEMENT