Konten dari Pengguna

Cara Menggunakan Eyeliner untuk Natural Makeup

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
13 September 2023 11:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menggunakan Eyeliner saat Makeup, Unsplash/Artem Labunsky
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menggunakan Eyeliner saat Makeup, Unsplash/Artem Labunsky
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Natural makeup, terutama di bagian mata sedang menjadi trend di kalangan para wanita. Untuk membuat mata tampak lebih cantik secara natural, diperlukan cara menggunakan eyeliner spidol yang tepat.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku A-Z tentang Kosmetik, Dewi Muliyawan dan Neti, (2013:96), eyeliner spidol sendiri memiliki aplikator tajam dan sedikit basah yang menyerupai spidol, sehingga dapat menghasilkan makeup yang lebih tajam dengan mudah.
Berbeda dengan eyeliner cair, eyeliner spidol cepat diserap kulit, sehingga tak perlu menunggu lama untuk jadi kering.

Cara Menggunakan Eyeliner Spidol

Cara Menggunakan Eyeliner saat Makeup, Unsplash/Sujeeth Potla
Berikut adalah cara menggunakan eyeliner spidol untuk membuat natural eye makeup:

1. Gambar dan Sambungkan Titik

Jika belum terbiasa menggunakan eyeliner, maka tangan mungkin akan bergetar saat membuat garis.
Untuk memudahkannya, gambar 3 titik terlebih dahulu, yaitu di ujung dalam mata, tengah, dan bagian yang ingin dijadikan sebagai ekor eyeliner. Setelah itu, tarik garis mengikuti ketiga titik tersebut.
Agar lebih kuat saat hendak menarik garis, tempelkan jari kelingling ke bagian pelipis dan letakkan siku di atas permukaan yang kokoh dan rata seperti meja. Untuk mendapatkan ketebalan garis yang seimbang, bentuk garis yang sangat tipis terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Berusahalah untuk mengaplikasikan eyeliner tepat di garis tempat bulu mata tumbuh untuk menghindari tampaknya ruang kosong di antara eyeliner dan bulu mata.
Jika tetap ada ruang kosong, maka isilah ruang itu dengan gerakan menyamping. Miringkan eyeliner saat mengisinya agar mata tidak tercolok.
Sebagai informasi, kulit mata cenderung tipis dan mudah kendur. Jadi, hindari menarik ujung mata dengan jari saat menggambar ekor eyeliner.

2. Rapikan

Wajar saja jika garis eyeliner masih terlihat patah saat awal pemakaian, bahkan mungkin juga ada coretan yang tak disengaja. Untuk mengatasinya, ambil sedikit concealer atau foundation menggunakan 1 batang cotton bud.
Kemudian, rapikan coretan atau garis yang patah-patah itu dengan gerakan seperti menghapus pulpen dengan tip-ex. Setelah itu, ratakan garis luar concealer atau foundation agar kulit bisa tampak menyatu dengan rapi.
ADVERTISEMENT
Demikian cara menggunakan eyeliner spidol untuk hasil yang natural. Semakin sering berlatih, maka akan semakin rapi pula eyeliner yang dibentuk. Sempatkan diri untuk terus berlatih menggunakan eyeliner. (bren)