Cara Menghitung Body Fat untuk Mengindari Obesitas

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
25 September 2023 12:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Menghitung Body Fat. Unsplash/Fuu J.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Menghitung Body Fat. Unsplash/Fuu J.
ADVERTISEMENT
Obesitas merupakan salah satu hal yang dapat memicu beragam penyakit mematikan. Obesitas bermula dari penumpukan body fat atau lemak tubuh. Untuk menghindari resiko tersebut, bisa mulai dengan mengetahui cara menghitung body fat.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku 17 Alternatif untuk Langsing, Rita Ramayulis, dkk (2008:36), salah satu cara menghitung body fat atau lemak pada tubuh pada pria dan wanita adalah menggunakan rumus Body Mass Index.

Cara Menghitung Body Fat

Ilustrasi Cara Menghitung Body Fat. Unsplash/Szaboloch Toth.
Mengetahui body fat sangat penting untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Berikut adalah cara menghitung body fat untuk menghindari obesitas.

1. Menghitung Body Mass Index (BMI)

Body Mass Index (BMI) adalah perkiraan body fat atau lemak tubuh menggunakan berat badan dan tinggi badan sebagai parameter pengukurnya. Hasil perhitungan akan dibagi menjadi beberapa klasifikasi.
jika hasilnya :
ADVERTISEMENT

2. Menghitung Lingkar Pinggang

Cara menghitung ini fokus pada lemak perut atau lemak viseral. Meskipun memiliki BMI ideal, jika punya lemak berlebih di perut, tetap berisiko terkena diabetes dan penyakit jantung.
Cara menghitung body fat dilakukan dengan melingkarkan meteran di tengah atas pusar. Lingkar pinggang pria yang normal adalah 90 cm ke bawah, sedangkan wanita sebesar 80 cm ke bawah.Tingkat keakuratan cara mengukur ini sebesar 5% dari lemak tubuh jika dilakukan dengan benar.

3. Menghitung Indeks Massa Relatif

Cara menghitung lemak tubuh ini dilakukan dengan mengukur tinggi badan dan lingkar pinggang. Dibandingkan BMI, cara menghitung body fat menggunakan Indeks Massa Relatif ini dianggap lebih akurat untuk menghitung persentase lemak tubuh seseorang. Berikut tata caranya.
ADVERTISEMENT
Itu dia tiga cara menghitung body fat untuk menghindari obesitas dengan mudah. Pastikan juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. (LA)