kumparan
search-gray
Woman27 Mei 2017 8:35

Ucapan Selamat Ramadhan dari Berbagai Belahan Dunia

Konten Redaksi kumparan
Ucapan selamat Ramadhan dari berbagai negara.
Ucapan selamat Ramadhan dari berbagai negara. (Foto: Akun smsinno/Youtube)
Sebuah video yang dibuat oleh Lara Oweini, Marwa Sinno dan Safa Sinno menambah semarakanya kebahagiaan menyambut bulan suci Ramadhan. Video bertajuk The Global Ramadhan itu menampilkan ucapan selamat Ramadhan dari banyak orang di berbagai belahan dunia di lima benua.
ADVERTISEMENT
Dalam video berdurasi hampir tiga menit itu masing-masing orang atau sekelompok orang dari negara mereka masing-masing mengungkapkan ucapan selamat atas datangnya bulan suci ini melalui kata-kata 'Ramadhan Karim!'.
Ucapan yang mereka lontarkan itu memang lazim digunakan sebagai ungkapan menyambut bulan Ramadhan. Selain 'Ramadhan Karim' ada pula ungkapan 'Ramadhan Mubarak' yang sebenarnya juga lazim diucapkan sebagaimana yang dilakukan oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau melalui video pribadinya yang ia unggah pada akun Twitternya.
Karim artinya dermawan atau pemurah. Jadi, 'Ramadhan Karim' berarti Ramadhan yang dermawan.
Kata ‘Ramadhan Karim’ ini sering diucapkan oleh masyarakat Arab sebagai penghormatan atas datangnya Ramadhan, bulan yang dikenal penuh rahmat dan ampunan. Bulan Ramadhan dijuluki Karim karena keistimewaannya menyimpan banyak anugerah yang dikhususkan bagi umat Nabi Muhammad SAW.
ADVERTISEMENT
Anugerah itu antara lain berupa terbuka luasnya pintu taubat dan ampunan serta dilipatgandakannya pahala-pahala kebaikan. Salah satu anugerah khusus yang tersimpan dalam bulan suci ini adalah terdapatnya malam Lailatul Qadar yang tibanya dirahasiakan oleh Allah.
Dalam budaya Arab, jika seseorang diberi kehormatan oleh orang lain dengan ucapan 'Ramadhan Karim', maka hendaknya ia membalasnya dengan ucapan 'Allahu Akram' yang berarti Allah Maha Dermawan atau Maha Pemurah. Jawaban ini patut diucapkan agar kita sadar bahwa secara hakiki hanya Allah semata yang Maha Dermawan lagi Maha Pemurah.
Segala bentuk anugerah tak terhitung yang kita terima selama kita hidup di dunia. Bentuk-bentuk anugerah khusus yang terdapat pada bulan Ramadhan sejatinya juga berasal dari Allah. Jadi secara literal 'Ramadhan Karim' berarti Ramadhan dermawan, secara makna bukanlah bulan Ramadhan yang dermawan, melainkan Allah semata.
ADVERTISEMENT
Kata 'Karim' yang memiliki arti Dermawan dan Maha Pemberi Ampunan seringkali diucapkan dalam doa menjelang azan Magrib dan bakda salat Tarawih. Ucapan 'Ya Allah ya Karim' tidak hanya bisa dibiasakan pada bulan Ramadhan, tapi pada setiap waktu, baik pagi, siang, sore maupun malam hari-hari biasa untuk mengingat bahwa Allah yang Sang Pencipta kita dan Penguasa seluruh alam semesta Yang Maha Dermawan lagi Maha Pemurah.

Ramadhan unites us whoever we are. Let's not wait for Ramadan to stay united.

- The Global Ramadan

Selain ucapan 'Ramadhan Karim' dari banyak orang di berbagai belahan dunia, dalam video itu juga terdapat tulisan pesan yang memiliki arti, Ramadhan menyatukan kita di manapun kita berada. Mari tidak hanya menunggu saat Ramadhan untuk tetap bersatu.
ADVERTISEMENT
Ucapan selamat Ramadhan yang datang dari banyak orang dari negara-negara berpenduduk mayoritas muslim maupun negara-negaran berpenduduk mayoritas non-uslim itu dapat disaksikan di bawah ini.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white