RI Sukses Budidaya Ikan Kerapu, Produksinya Terus Naik

1 April 2017 18:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikan Kerapu. (Foto: Thinkstock @Placebo365)
Ikan kerapu menjadi salah satu komoditi yang memiliki potensi cukup besar untuk diekspor oleh Indonesia selain tuna. Populasi ikan jenis karang ini di Indonesia juga meningkat dari tahun ke tahun.
ADVERTISEMENT
Salah satu alasannya adalah karena ikan kerapu di Indonesia berhasil dibudidaya. Hal ini justru berbeda dengan negara lain yang masih mengandalkan penangkapan besar-besaran ikan kerapu dari laut dalam.
"Ikan kerapu merupakan ikan karang yang sudah berhasil dibudidayakan. Indonesia termasuk yang sudah berhasil kembangkan budidaya ikan kerapu," kata Peneliti di Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim, Suhana kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (1/4).
Menurut data Badan Pangan Dunia atau FAO, peningkatan produksi ikan kerapu sudah terjadi sejak tahun 2009 di mana saat itu produksinya mencapai 8.791 ton. Sedangkan di tahun 2010 produksinya naik menjadi 10.398 ton dan puncaknya terjadi di tahun 2013 menjadi 18.864 ton.
ADVERTISEMENT
Ikan Kerapu. (Foto: Pixabay @rmferreira)
Berdasarkan hal di atas terlihat bahwa budidaya ikan kerapu merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup potensial dikembangkan di Indonesia. Terlebih saat ini Balai-Balai Perikanan Budidaya Ikan yang dimiliki Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah banyak berhasil mengembangkan benih-benih ikan kerapu.
"Artinya benih ikan kerapu tidak lagi tergantung pada benih alam yang ditangkap oleh para nelayan," imbuhnya.
Hingga saat ini, Sumatera Utara masih menjadi produsen ikan kerapu terbesar di Indonesia dengan produksi 4.858,25 ton atau 7,2 juta ekor ikan kerapu. Sedangkan di Pulau Jawa, Jawa Timur masih menjadi produsen ikan kerapu tertinggi dengan volume mencapai 729,54 ton atau sekitar 1,09 juta ekor.
ADVERTISEMENT
"Bahkan di Situbondo, Jawa Timur sudah banyak juga berkembang pembenihan ikan kerapu milik masyarakat, sampai-sampai Situbondo dijuluki Kota Kerapu," jelasnya.