kumparan
15 Apr 2019 23:36 WIB

Ketika Dunia Mengenang Tragedi Hillsborough

Ketika Liverpool mengenang kepergian 96 fans mereka dalam Tragedi Hillsborough. Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith
Tragedi Hillsborough merupakan salah satu momen terkelam dalam sejarah Liverpool dan juga sepak bola. Tepatnya pada 15 April 1989, Liverpool menghadapi Nottingham Forrest dalam laga semifinal Piala FA di Hillsborough Stadium. Namun, laga tersebut terpaksa dihentikan akibat membeludaknya fans hingga ke area pertandingan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laporan investigasi pada 2012, yang kemudian dirilis BBC, musabab dari insiden ini ialah kelalaian pihak kepolisan dalam mengantisipasi jumlah fans. Imbas kesalahan ini begitu fatal. 766 penonton mengalami luka-luka, sementara 96 fans Liverpool dinyatakan meninggal.
Setiap tahunnya, Liverpool melakukan seremonial khusus untuk mengenang korban Tragedi Hillsborough – tak terkecuali di tahun ini. Sebelum laga Liverpool versus Chelsea dihelat di Anfield, Minggu (14/4/2019), fans Liverpool mempertontonkan koreografi apik di berbagai sisi stadion.
Di tribune Sir Kenny Dalglish, terlihat jelas tulisan “30 Tahun”. Kemudian muncul angka 96 dan dua api yang mengapit angka itu di tribune Kop End. Ya, ini sudah 30 tahun sejak Tragedi Hillsborough terjadi, sementara dua api tersebut melambangkan semangat abadi dari para fans yang telah wafat.
ADVERTISEMENT
Ketika koreografi itu ditunjukkan fans Liverpool, baik pemain Chelsea dan Liverpool berhadapan di tengah lapangan untuk mengheningkan cipta. Sehari setelah dihelatnya laga berakhir 2-0 bagi Liverpool itu, manajemen The Reds masih melakukan seremonial khusus untuk Tragedi Hillsborough.
Tim inti, akademi, hingga tim perempuan Liverpool kemudian datang ke Monumen Tragedi Hillsborough, yang berlokasi di sekitar Anfield, untuk menaruh karangan bunga. Setelahnya, seluruh pihak tampak begitu khidmat mendoakan 96 korban tewas.
Klub lain juga turut mengenang tragedi Hillsborough dengan caranya sendiri. Sebelum menghadapi Liverpool, Chelsea telah mewanti-wanti supaya para fans menghormati seremonial Tragedi Hillsborough. Eden Hazard dan kolega juga sempat menaruh karangan bunga di Monumen Tragedi Hillsborough.
Seperti Chelsea, Everton – yang merupakan tetangga Liverpool -- juga turut ke Monumen Tragedi Hillsborough untuk kembali mengenang tragedi itu. Tak mengherankan, mengingat Kota Liverpool memang unik. Dalam satu keluarga, bisa ada fans Liverpool dan juga Everton. Balai Kota Liverpool juga dipermak untuk mengenang tragedi ini.
ADVERTISEMENT
Sementara, Manchester City – yang kini menjadi kompetitor berat Liverpool dalam menjuarai Premier League – memberikan dukungan moril terhadap Liverpool melalui akun Twitter resminya. Begitu juga raksasa asal Jerman, Borussia Dortmund. FIFA juga turut mengingatkan dunia menyoal Tragedi Hillsborough via Twitter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan