Pencarian populer

Sebagai Pemain dan Pelatih, Solskjaer Belum Pernah Menang atas City

Solskjaer saat mendampingi United hadapi PSG. Foto: AFP/Franck Fife

Laga Manchester United vs Manchester City, Kamis (25/4/2019) dini hari WIB, adalah momen akbar buat Ole Gunnar Solskjaer. Sosok Norwegia ini bakal menjalani laga derbi Manchester pertamanya sebagai pelatih.

Begitu besar ekspektasi suporter terhadap derbi perdana Solskjaer. Kemenangan menjadi target yang tak bisa ditawar mengingat keterlibatan United dalam perburuan tiket Liga Champions musim depan. Kini, 'Iblis Merah' masih tertahan di posisi keenam dengan selisih dua angka dari Arsenal di tempat keempat.

Kendati demikian, asa Solskjaer untuk memuaskan suporter United di laga derbi perdananya terbentur catatan pertemuannya dengan City. Dimulai dari empat duel melawan The Citizens semasa pria 46 tahun itu masih menjadi pemain United. Nahas bagi Solskjaer, tak satu pun berakhir dengan kemenangan timnya.

Paling bagus, Solskjaer hanya mampu membawa United bermain imbang 1-1 dengan City di Old Trafford. Hasil itu terjadi dua kali pada Premier League 2000/01 dan 2002/03.

Ole Gunnar Solskjaer (merah) melakukan duel dalam laga Manchester United vs Manchester City pada April 2001. Foto: Robin Parker/AFP

Sementara itu, dua pertemuan lainnya terjadi di kandang City dan berujung kekalahan bagi United. Pertama yakni hasil 1-3 pada musim 2003/04, kemudian disusul kekalahan 1-4 di musim 2003/04.

Padahal, City dalam kurun tersebut tidaklah sehebat sekarang. Belum ada kucuran dana Khaldoon Al Mubarak yang menjadikan sang rival bertabur pemain bintang.

Selepas pensiun, Solskjaer juga sempat merasakan satu pertemuan dengan City di Premier League. Momennya hadir pada 2013/14 atau ketika City sudah berstatus tim kaya berkat suntikan dana Qatar. Hasilnya, Cardiff City besutan Solskjaer takluk 2-4 dalam laga di Stadion Etihad tersebut.

Kekalahan bisa saja kembali menjadi milik Solskjaer dalam pertemuan di Old Trafford mendatang. Dasarnya tentu saja keterpurukan United sehingga menyandang predikat non-unggulan untuk laga derbi nanti.

Pemain United dan City berduel di Old Trafford. Foto: Darren Staples/Reuters

Ya, United akan menjalani pertandingan derbi setelah sempat menelan tiga kekalahan dalam lima partai terakhir di Premier League. Teraktual, mereka tumbang 0-4 dari Everton di Goodison Park, Minggu (21/4).

Sebaliknya, City datang dengan bekal kepercayaan diri tinggi. Mereka merangkum 10 kemenangan beruntun di liga, terakhir hasil 1-0 atas Tottenham Hotspur yang menjadi pelipur lara selepas kegagalan di Liga Champions.

Rangkaian hasil positif itulah yang menjadi modal City untuk memperpanjang catatan tak pernah menang Solskjaer. Sekaligus, kemenangan akan melebarkan jalan anak-anak asuh Pep Guardiola ke podium juara Premier League. Karena dengan raihan tripoin, City bisa mengudeta puncak tabel dari Liverpool dan membentangkan gap satu angka atas sang pesaing.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57