Pencarian populer

5 Makanan yang Bisa Bersihkan Racun di Ginjal

Ilustrasi Kale Foto: Shutterstock/SEEDJAN
Ginjal merupakan bagian tubuh yang punya peran vital; yakni menyaring dan membuang racun yang ada dalam tubuh. Tak hanya itu, ginjal juga berfungsi menyeimbangkan elektrolit, serta menciptakan hormon.
ADVERTISEMENT
Namun, tanpa disadari, pola hidup serta makanan dan minuman yang kita santap bisa membuat kinerja ginjal jadi terganggu. Bila dibiarkan, bisa menimbulkan infeksi atau gagal ginjal. Imbasnya, racun yang seharusnya disaring olehnya justru terendap dalam tubuh dan bisa membahayakan kesehatan.
Nah, selain memenuhi asupan air minum, kita juga bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk membantu membersihkan ginjal, lho. Makanan-makanan ini juga bisa membantu menjaga kesehatan ginjal agar tetap berfungsi dengan maksimal.
Apa saja? Berikut rangkuman selengkapnya:
1. Rumput laut
Ilustrasi Rumput Laut Foto: Shutterstock/Viktor Kochetkov
Kalau kamu mencari kudapan nikmat dan sehat, rumput laut bisa jadi pilihan. Tak cuma kaya akan nutrisi, rumput laut juga memiliki manfaat bagi pankreas, ginjal, serta hati.
Dalam sebuah studi di tahun 2014, beberapa tikus percobaan diberi asupan rumput laut selama 22 hari. Hasilnya, kerusakan pada ginjal dan hati yang disebabkan karena diabetes berkurang drastis. Cobalah mengonsumsi rumput laut segar untuk memaksimalkan manfaatnya.
ADVERTISEMENT
2. Sayuran hijau
sayuran hijau. Foto: Pixabay
Sayuran hijau kaya akan vitamin C, asam folat, serat, vitamin K, dan nutrisi lainnya yang bisa mengurangi tekanan pada ginjal. Bukan itu saja, berbagai vitamin dan mineral tersebut juga mampu menyeimbangkan gula darah, menurunkan tekanan darah, hingga melawan inflamasi.
Salah satu jenis sayuran hijau yang direkomendasikan adalah daun dandelion. Dandelion bisa meningkatkan produksi urin, membersihkan residu dalam ginjal dan menurunkan tekanan darah.
3. Apel
Ilustrasi apel hijau Foto: dok.shutterstock
Buah apel mengandung serat tinggi. Serat ini akan mengikat racun dan senyawa tak diinginkan lainnya sebelum diserap oleh tubuh. Secara tak langsung, ia bisa mengurangi jumlah residu yang mengendap dalam ginjal. Buah apel juga bermanfaat untuk meredakan inflamasi dan menurunkan kolesterol.
4. Kol
Ilustrasi kubis. Foto: Pixabay
Sayuran yang satu ini mengandung serat, asam folat, vitamin B6, vitamin C,dan vitamin K. Kadar serat pada kol dan sayuran hijau akan memperlambat penyerapan nutrisi, sehingga memberikan waktu bagi ginjal dan hati untuk mengatur aliran darah.
ADVERTISEMENT
Serat juga berfungsi untuk mencegah lonjakan gula darah yang bisa memicu kerusakan ginjal, serta membantu mengeluarkan racun dari sistem pencernaan.
5. Makanan tinggi kalsium
Ilustrasi tahu dan tempe Foto: dok.shutterstock
Kalsium dibutuhkan untuk mengikat oksalat --asam organik alami pada tubuh-- yang bisa menimbulkan batu ginjal bila jumlahnya berlebihan. Sehingga, tubuh akan menyerap kadar oksalat dalam jumlah yang lebih sedikit.
Untuk memenuhi asupan kalsium harian sebanyak 1,2 gram, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, tahu, atau kedelai.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86