kumparan
17 Sep 2019 9:03 WIB

5 Teh dari Bunga yang Ampuh Menenangkan Pikiran

Teh bunga krisan Foto: Shutterstock
Menyesap secangkir teh hangat di sore hari bisa jadi pilihan untuk menenangkan pikiran. Bahkan tak jarang pula, teh jadi minuman andalan saat badan terasa kurang sehat.
ADVERTISEMENT
Biasanya teh yang kita kenal, terbuat dari daun bernama latin Camellia Sinensis. Tapi nyatanya, teh punya banyak jenis. Salah satunya teh yang terbuat dari bunga.
Ya, beberapa jenis bunga ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat teh yang nikmat. Proses pembuatannya pun tak jauh berbeda dengan teh pada umumnya. Bunga yang telah dibersihkan dikeringkan lalu diseduh bersama air hangat.
Rasa yang nikmat serta warna-warna cantik yang dihasilkan teh dari bunga, membuatnya digemari banyak pecinta teh. Di balik tampilannya yang cantik, teh dari bunga pun punya manfaat yang bagus bagi tubuh.
Mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga mengendurkan saraf-saraf yang tegang. Bagi kamu yang ingin merasakan manfaat dari teh bunga, ini dia lima jenis teh yang bisa dicoba:
ADVERTISEMENT
1. Teh chamomile
Teh Chamomile Foto: Pixabay
Kerap sulit tidur atau insomnia? Teh dari seduhan bunga chamomile ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.
Karena terbuat dari seduhan bunga, teh chamomile tidak mengandung kafein. Selain itu, chamomile juga tinggi akan kandungan apigenin.
Antioksidan tersebut berfungsi memengaruhi reseptor di otak untuk mengurangi rasa cemas. Menurut penelitian dari Universitas Michigan tahun 2011, konsumsi 270 mg ekstrak chamomile selama 28 hari, bisa mengurangi risiko terbangun di tengah malam.
2. Teh rosela
Teh rosela Foto: Shutterstock
Warna merah dan rasa asam khas teh rosela, membuatnya cocok disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin. Selain rasanya yang nikmat, daun bernama latin hibiscus sabdariffa ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
ADVERTISEMENT
Jurnal dari PubMed tahun 2015, mengemukakan bahwa konsumsi teh bercita rasa asam ini bisa menurunkan tekanan sistolik sebanyak 7,58 mmHg dan diastolik sekitar 3,53 mmHg. Teh rosela juga tinggi antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari terjangan virus penyakit.
3. Teh melati
teh melati Foto: Shutterstock
Mungkin inilah jenis teh dari bunga yang paling populer di Indonesia. Secangkir teh melati yang harum bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga merawat kesehatan gigi dan mulut.
Secangkir teh melati juga mengandung 15-60 mg kafein yang berperan meningkatkan kinerja otak. Menurut jurnal dari Nancy Université di Prancis, kafein pada teh melati berfungsi merilis hormon dopamine dan serotonin. Dua hormon itulah yang akan membuat badan lebih rileks, dan tenang meski disibukkan dengan segudang aktivitas.
ADVERTISEMENT
4. Teh telang
teh bunga telang Foto: Shutterstock
Beberapa waktu lalu teh dari bunga telang ini sempat populer karena warnanya yang cantik. Tapi bukan hanya tampilannya yang cantik, teh bunga telang juga bisa membantu menenangkan diri saat stres.
Menurut jurnal Pharmacology, Biochemistry, and Behaviour, ekstrak bunga telang dapat merangsang sistem saraf pusat untuk melawan depresi, stres, hingga gangguan kecemasan. Bunga telang juga mengandung notropika yang biasa digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif otak.
5. Teh krisan
Teh bunga krisan Foto: Shutterstock
Teh krisan telah lama digunakan sebagai minuman herbal untuk pengobatan tradisional China. Bukan tanpa alasan, penelitian dari Chungnam National University menemukan fakta, bahwa ekstrak krisan yang bersifat anti-inflamasi dapat memperlambat peradangan serta kerusakan sel.
Kandungan vitamin A dan C bersifat antioksidan pada teh krisan, juga bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan membantu mempercepat regenerasi sel di kulit, sehingga tetap sehat dan jauh dari tanda penuaan dini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan