Pencarian populer

Panduan Rekomendasi Kuliner Mudik Sepanjang Jalur Pansela

Ilustrasi gudeg Foto: Shutterstock
Dari tahun ke tahun, jalur Pantai Utara (Pantura) memang selalu jadi favorit pemudik yang hendak menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur. Ternyata, selain jalur Pantura ada juga jalur Lintas Selatan Jawa (Pansela) yang bisa jadi alternatif para pemudik.
ADVERTISEMENT
Jalur Pansela ini menyuguhkan panorama pesisir pantai yang indah. Selain panorama, kekhasan kuliner daerah setempat juga tak kalah lezat dan menarik dari daerah-daerah yang ada di jalur Pantura.
Nah, jika kebetulan mudik Lebaran 2019 ini kamu melewati jalur Pansela, ada sederet makanan lezat yang bisa kamu cicipi, lho. Mengutip dari buku 'Yuk Mampir: Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa' yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, berikut rekomendasi kuliner mudik di jalur Pansela dari mulai Bandung hingga Yogyakarta:
1. Bandung
Ibu kota provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan sederet kulinernya yang lezat dan menggugah selera. Jika kebetulan kota ini jadi tempat singgahmu, cobalah Mie Kocok Bandung yang jadi andalan di sana.
ADVERTISEMENT
Mie kocok sendiri merupakan hidangan yang terdiri dari mi kuning, irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, seledri, daun bawang, hingga bawang goreng yang disiram kaldu sapi. Mie kocok bisa kamu jumpai di berbagai sudut kota Bandung.
Ada juga bubur ayam bandung. Biasanya berisi bubur nasi dengan isian suwiran ayam, cakwe, kacang kedelai, dan bumbu santan yang ditambah kecap asin atau manis sesuai selera.
2. Tasikmalaya
Dari Bandung kita beralih ke Tasikmalaya. Kota yang memiliki banyak pesantren ini juga memiliki aneka kuliner yang tak kalah sedap. Salah satu yang bisa kamu coba adalah pepes ikan paskot. Kuliner ini bisa kamu temui di Rumah Makan Baraya Sunda, yang beralamat di Jl. BKR No. 7, Kahuripan, Tasikmalaya.
ADVERTISEMENT
3. Banyumas
Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes di sebelah utara ini juga punya aneka kuliner yang terkenal enak. Dijual oleh warung Bakmie Nyemek Bu Trimo, kamu bisa menemukan aneka mi, nasi goreng, bihun, hingga ayam goreng sambal lalap.
Bakmie nyemek kabarnya jadi andalan di sana. Berisi mi yang dicampur ayam suwir, telor hingga ati ampela. Satu porsinya dijual sekitar Rp 25 hingga 30 ribu. Tertarik mencoba? Kunjungi warungnya yang beralamat di Jalan Raya Buntu-Gombong KM 6, Banyumas.
Selanjutnya ada Sate Bebek Wek-Wek. Warung makan ini cukup strategis karena berlokasi di tepi Jalan Raya Tambak (sebelah SMPN 1 Banyumas). Sate bebek yang dijual di sana jadi andalan. Dagingnya empuk serta gurih dilengkapi sambal kecap plus mentimun dan mendoan. Super maknyus!
ADVERTISEMENT
4. Purwokerto
Mudik atau transit di Purwokerto? Siap-siap kebingungan dengan kuliner lokal yang mereka punya. Pasalnya, kota yang memiliki banyak wisata alam ini memiliki segudang kuliner yang menggoda. Dari yang cita rasanya manis, asin, hingga gurih semuanya ada.
Jika kamu penggemar tahu berkunjunglah ke Oemah Tahu Sumedang Mang Eman. Berada di kawasan Tambaksogra, Purwokerto. Mereka punya andalan aneka jenis tahu dan masakan khas daerah Purwokerto.
Selanjutnya ada Getuk Goreng Sokaraja. Kudapan yang terbuat dari singkong ini bisa kamu jadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Lokasinya berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 41-141, Sokaraja.
Yang terakhir, ada juga Kupat Tahu Mbah Djawi dan Soto Sutri yang tak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Purwokerto.
ADVERTISEMENT
5. Banjarnegara
Singgah di Banjarnegara? Cobalah kunjungi Oemah Tahu Sumedang Mang Eman. Rumah makan yang merupakan cabang dari Purwokerto ini cocok kamu kunjungi bersama keluarga. Selain areanya yang luas, mereka juga punya wahana bermain untuk anak-anak.
Jika berkunjung ke sana, cobalah tahu sutra yang jadi andalan Oemah Tahu Sumedang Mang Eman. Lalu ada juga nasi liwet ayam ingkung, nasi bancakan hingga tahu kupat khas Banyumas.
6. Purworejo
Selain wisata alamnya yang indah, Purworejo juga dikenal dengan wisata kuliernya yang beragam. Belum lagi harga makanan yang dijual di sana rata-rata dibanderol dengan harga yang terjangkau.
Tak percaya? Cobalah kunjungi Sate & Gulai Kambing Muda Pak Ahmad Keri Winong. Warung makan yang sudah berdiri sejak 1950-an ini menjual satu pake kambing seharga RP 40 ribu dan Rp 30 ribu untuk gule kambingnya. Lokasinya ada di Winong, Kemiri, Purworejo.
ADVERTISEMENT
Untuk pencuci mulut, cobalah menyantap segaranya dawet ayu di Dawet Pos. Dawet ayu ini terdiri dari; santan, dawet, tape, dan gula jawa. Ada 2 macam dawet yang mereka jual; yaitu dawet ayu berbahan dasar tepung berasa dan dawet ireng yang dibuang dari sagu. Seporsi dawet plus tape dijual Rp 7 ribu.
7. Magelang
Ilustrasi Mangut Beong Foto: Instagram @williamwongso
Magelang memiliki beberapa tempat makan yang punya kekhasan sendiri. Baik itu dari cita rasa maupun nilai historis yang terkandung di dalamnya.
Salah satu yang wajib kamu cicipi adalah mangut beong yang dijual Warung Sehati Selera Pedas di Desa Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur. Nama 'beong' sendiri diambil dari nama ikan khas yang ada di Kali Progo. Ikan yang sekilas hampir menyerupai ikan lele ini, memiliki daging yang cukup padat dan juga lembut.
ADVERTISEMENT
8. Yogyakarta
Kelezatan kuliner di kota pelajar ini memang tidak bisa diragukan lagi. Apalagi aneka kuliner tersebut bisa kamu temui hampir di setiap persimpangan kota.
Kamu bisa memulai dari Pondok Makan Ayam Goreng Bu Hartin. Lokasinya ada di Gn. Gempal, Giri Peni, Watrs, Kulon Progo. Rumah makan ini punya menu andalan yaitu ayam bacem. Bumbunya dibuat dari rempah-rempah baceman kemudian ayamnya digoreng sesudah bumbunya meresap. Rasanya? Tak ada duanya!
Berkunjung ke Yogya belum lengkap bila tak mencicipi gudeg. Makanan ini tersebar di berbagai sudut kota. Biasanya terbuat dari nangka yang diracik dengan sambal goreng krecek, telur pindang, dan areh. Konon, gudeg enak di Yogya ada di Jalan Senopati, Prawirodirjan, Gondomanan.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya ada Mangut Lele Mbah Marto. Lokasinya ada di Panggungharjo, Sewon, Bantul. Mangut lele sendiri adalah ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas. Semakin lezat jika disantap bersama nasi hangat, bumbu kacang dan juga kikil.
Untuk penutup, cobalah Rujak Es Cream Pak Paino. Sesuai namanya, pencuci mulut ini terdiri dari; potongan buah seperti mentimun, mangga, kedondong, pepaya, nanas, bengkuang yang disiram dengan sambal kemudian diberi topping es krim. Untuk mencicipi dessert unik ini, datanglah ke kedainya yang berada di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80