Pencarian populer

Aminah Cendrakasih Tak Tega Saat Harus Beradegan Marahi Si Doel

Aminah Cendrakasih. Foto: Giovanni/kumparan

Aminah Cendrakasih terlibat dalam penggarapan film ‘Si Doel The Movie 2’. Di film tersebut, Aminah menjalani proses syuting secara baik, meski hanya dalam kondisi terbaring.

Pemeran Mak Nyak ini memang mendapat banyak pujian sejak keterlibatannya di film 'Si Doel The Movie'. Dengan kondisinya yang sudah tak bisa melihat, Aminah mampu menghafal segala dialog yang disodorkan padanya dengan baik. Wanita berusia 81 tahun ini rupanya punya kiat sendiri untuk menghafal dialognya.

“Misalnya syuting nih 10 hari, sebelumnya sudah hafalin minta bacain, ngafalin sama cucu aja, siapa yang sempet. (Ini dialog) sama si Doel nih, sama Atun nih, satu-satu dilihatin,” kata Aminah ketika ditemui di kediamannya di kawasan Pinang, Tangerang, Selasa (28/5).

Aminah Cendrakasih. Foto: Giovanni/kumparan

Aminah Cendrakasih mengaku tak kesulitan saat harus menghafal dialog. Kendati demikian, dia memang harus mengubah bahasa dari dialog tersebut, ke dalam bahasa Betawi khas Mak Nyak.

“Aku ngapalinnya gitu, dari Rano 'kan bahasa Indonesia, aku mesti bikin bahasa enyak,” ujarnya.

Namun, Aminah sempat merasa kesulitan saat harus menghafal dialog memarahi Doel. Hal ini sempat membuat hatinya bergejolak karena ia tak tega memarahi Doel yang diperankan Rano Karno.

“Ngomong ketemu sama si Doel, Zaenab, sama si Atun, banyak deh, mesti hafal kan aku, jadi mesti hafalin dialog. Yang aku susah ngafalin dialog mesti ngatain si Doel plin planlah, ngatain si Doel apalah,” tuturnya.

Aminah Cendrakasih menjalani proses syuting. Foto: Giovanni/kumparan

Dia mengaku rasanya cintanya pada karakter Doel sudah mendarah daging. Hal ini yang membuatnya tak tega, bahkan untuk sekadar berakting marah.

“Jadi aku bingung, 'kan aku sayang sama si Doel, tapi gimana caranya aku bilang, 'Ini enggak bisa dihilangin nih (dialog marah-marahnya)?' Enggak bisa katanya. ‘Sudah dari abang 'kan bikinnya begini’," ucapnya.

Aminah benar-benar berusaha menggunakan hati dalam menjalani setiap adegan dalam film tersebut. Bahkan, dia berusaha untuk mencari dialog lain yang lebih halus dari sebelumnya, sehingga tak menyakiti perasaan Rano Karno yang berperan sebagai Doel.

“Iyalah, kita cari dialog yang aku kan sayang sama si Doel, enggak mungkin dong aku nyakitin dia. Aku tahu dianya kan baik, sama bapaknya nurut terus, aku bikin supaya enggak ngatain dia,” ujar Aminah.

Pemain Si Doel mengunjungi Aminah Cendrakasih. Foto: Giovanni/kumparan

Aminah menjalani proses syuting selama satu hari di sebuah studio yang terletak di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Dia berusaha tetap profesional dalam kondisinya yang hanya bisa terbaring saat ini.

Kecintaan Aminah terhadap proyek 'Si Doel' memang sudah tumbuh sejak bermain dalam serial 'Si Doel Anak Sekolahan'. Hal ini yang membuatnya tak canggung untuk menerima tawaran terlibat dalam 'Si Doel The Movie'.

“Soalnya enyak 'kan syuting di 'Si Doel' doang, enggak yang lain-lain,” tukas seraya tersenyum.

Ya, Aminah memang enggan teribat dalam tawaran lainnya saat ini, kecuali 'Si Doel'. Sebab, katanya, rasa persaudaraan di keluarga 'Si Doel' sudah terjalin amat erat.

“Iya masih ada tawaran (cuma emang enggak mau). Cuma 'Si Doel' aja maunya, 'kan kayak saudara soalnya, 'kan aku sakit. Kalau aku begini, begini, entar ah belagu,” tutup Aminah Cendrakasih.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55