kumparan
28 Jan 2019 19:57 WIB

Cerita Didi Riyadi Soal Pencapaian Element Hingga 20 Tahun

Didi Riyadi. (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Grup band Element akan berulang tahun pada 14 Februari mendatang. Tahun ini, Element akan berusia 20 tahun.
ADVERTISEMENT
Bisa bertahan di industri musik Tanah Air hingga 20 tahun, tentu bukan perkara mudah bagi band yang pertama kali dibentuk pada 14 Februari 2009 ini. Banyak hal dan cerita yang telah dilalui oleh band yang beranggotakan Ferdy Tahier dan Lucky Widja (vokal), Didi Riyadi (drum), Fajar Putra Jaya (keyboard), serta Arya Adhi Prasetyo dan Irwan Adhitya Pratama (gitar) ini.
Ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (28/1), Didi dan Ferdy bercerita soal pencapaian dan makna dari 20 tahun perjalanan karier mereka.
"20 tahun sih bukan waktu yang sebentar dan (kita) bersyukur 20 tahun masih bareng dan lengkap. Jadi, kalau ditanya gimana hal pertama yang gue bilang, ya, bersyukur dan berterima kasih," ujar Didi Riyadi.
Didi Riyadi (kiri) dan Ferdy Taher (kanan). (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Didi juga mengatakan, banyak hal yang terjadi selama 20 tahun. Namun, yang paling berkesan untuknya adalah, perjalanan manggung hingga ke daerah-daerah yang baru pertama kali dia kunjungi.
ADVERTISEMENT
"Perjalanan tur bareng-bareng mulai dari ke kota-kota besar sampe yang second, third city. Kita menemukan banyak pengalaman baru, daerah baru yang enggak tahu sebelumnya, karakteristik penonton, macem-macem," ujar Didi.
"Mulai dari jalan darat, naik feri, penyeberangan, hotel, makanan, banyak yang seru," kata Didi.
Didi Riyadi (Foto: Instagram/ @didi317ryd)
Sementara, Ferdy mengatakan, meski sempat vakum, Element dikatakannya tetap sama dengan yang dulu. Hubungan antar personel juga sangat baik, bahkan masih sama dengan dulu.
"Tapi menurut kita, di Element itu enggak berubah, bercandanya sama, ngerasa diri kita sama. Kita ngerasa beda itu (hanya) pada saat malam, masuk angin. Yang lain semuanya sama," kata Ferdy.
Namun, ada satu hal yang masih ia ingat sampai saat ini. Yakni, orang mengenal dirinya sebagai Didi Riyadi.
ADVERTISEMENT
Pernah satu waktu usai manggung, ada seorang fans yang ingin bertemu dengannya. Meski waktunya sempit, Ferdy tetap meluangkan waktu untuk bertemu. Apalagi, panitia acara juga memintanya untuk mau menemui penggemar tersebut.
"Panitia bilang, ‘Tolong Fer, dia ngefans banget sama lo'. Oke, kita ketemu. Tapi pas ketemu (dia manggil) ‘Mas Didi’. Ini fotonya gue tapi kok ngomongnya Mas Didi. Ya, tersinggunglah saya," ujar Ferdy.
Element band (Foto: Instagram/@elementreunion)
Selain itu, dia juga sering mendapati fans yang begitu senangnya sampai menabok dirinya. "Kita baru tahu kalau fans saking fansnya, sama dia ditabok," ujar Ferdy.
Element sendiri dalam waktu dekat akan tampil dalam Love Festival yang akan berlangsung pada 8 Februari mendatang. Rencananya, Element akan membawakan 13 lagu yang semuanya diaransemen ulang. Selain itu, mereka juga akan memberikan kejutan bagi penonton yang akan menyaksikan penampilannya nanti.
ADVERTISEMENT
“Itu konsepnya kita ngubah arasemen semuanya. Kita selama 20 tahun aransemennya gitu terus, sekarang diubah,” beber Ferdy.
Sampai saat ini, mereka harus melakukan tiga kali latihan lagi untuk tampil di konser nanti. Mantan kekasih Nirina Zubir itu pun meminta doa agar mereka bisa tampil dengan baik.
“Yang pasti sih, mudah-mudahan bisa lancar ya, dengan aransemen baru,” pungkas Didi Riyadi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan