kumparan
16 Sep 2018 17:40 WIB

Kunto Aji Hobi Baca Primbon

Kunto Aji rilis album kedua 'Mantra Mantra', Kamis (13/9). (Foto: Munady Widjaja)
Beberapa waktu lalu, penyanyi kelahiran Yogyakarta, Kunto Aji, merilis album 'Mantra Mantra'. Album keduanya itu banyak mengangkat tema tentang kesehatan mental yang kerap kurang diperhatikan oleh masyarakat Indonesia, khususnya generasi Y atau lebih dikenal sebagai kaum milenial.
ADVERTISEMENT
Meski album-album pria yang akrab disapa Aji ini selalu bercerita tentang keresahan kaum milenial, ternyata dia punya hobi yang tergolong tak biasa bagi kaum muda. Ketika ditemui di kawasan Bangka, Jakarta Selatan, belum lama ini, Aji menceritakan bahwa hobinya yang tak biasa itu membuat cara bercandanya aneh di mata kerabat.
"Gue hobi baca sesuatu yang aneh. Makanya kalau ketemu beberapa temen gue, mereka pasti tahu gaya bercanda gue aneh," ungkap Aji sambil tertawa terbahak-bahak.
Pelantun 'Konon Katanya' ini melanjutkan, dia suka membaca primbon. Primbon sendiri membahas mengenai ramalan akan perhitungan hari baik, hari nahas, tafsir mimpi, sebuah budaya tertentu yang biasanya soal kejawen, hingga ilmu gaib.
"Baca buku aneh, kayak buku primbon gitu. Enggak tahu ya, mungkin ini bisa jadi next album, karena gue mau mempelajari budaya gue sendiri," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Meski di masa sekarang primbon kerap ditinggalkan karena dianggap tak relevan, Kunto Aji justru menilai ajaran kejawen Jawa kuno itu sebagai satu karya pemikiran manusia yang telah bertahan hingga ratusan tahun dan perlu dilestarikan. Baginya, primbon punya nilai-nilai yang bagus untuk manusia-manusia modern.
Kunto Aji (Foto: Juni Records)
"Ada hal spiritual di situ. Itu bukan hal remeh, lho. Itu spiritual, itu kecerdasan, dan banyak yang bisa dipelajari," tuturnya.
Aji menceritakan, sejak kecil dia telah sering membaca primbon. Perkenalannya dimulai dari sang kakek yang dahulu berprofesi sebagai tabib Keraton Yogyakarta. Meski awalnya sempat ogah untuk belajar, penyanyi lagu 'Rancang Rencana' ini mengaku mulai perhatian pada pelestarian primbon ketika dewasa.
"Dulu enggak tertarik, sih, cuma lama-lama gue merasa kok, budaya kita ini keren banget, ya. Dan primbon itu kan ada perhitungannya untuk segala macam hal. Gue Muslim, tapi itu pengetahuan yang menarik untuk kita tahu," tutup Kunto Aji.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·