kumparan
22 Feb 2019 11:46 WIB

Penampilan Johnny Depp di Film, Sejak Era '80-an Hingga Kini

Before-After Johnny Depp Foto: infografik:Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan
Berparas tampan dan bertalenta, itulah kata yang cocok untuk menggambarkan sosok Johnny Depp. Berkarier di industri film Hollywood sejak era '80-an, Depp menginspirasi banyak aktor di seluruh dunia dengan kedisiplinan dan keseriusannya.
ADVERTISEMENT
Telah berusia 55 tahun, Depp tidak berhenti menjadi salah satu aktor watak terbaik Hollywood. Ia masih rela merombak tampilan bahkan mempermainkan berat tubuh demi sebuah peran.
Mari lihat perubahan ekstrem apa saja yang dilakukan Depp di sepanjang kariernya. Didaulat sebagai salah satu aktor tertampan di era '80-an, Depp terus beradaptasi bak bunglon dan memerankan berbagai jenis karakter di film.
1. Awal karier
Johnny Depp di film 'Nightmare on the Elm Street' Foto: IMDB
Pada 1983, Depp dikenalkan pada Nicholas Cage oleh mantan istrinya, Lori Anne Allison. Berawal dari sana, Depp mulai mencoba peruntungannya menjadi aktor film.
Pada 1984, Depp akhirnya mendapat pekerjaan pertama sebagai aktor di film horor 'Nightmare on the Elm Street'. Hingga hari ini, film tersebut masih populer dan memiliki banyak fans setia.
ADVERTISEMENT
Kala bermain di film 'Nightmare on the Elm Street', Depp terlihat masih sangat muda dan lugu dengan rambut yang ikal. Ya, saat itu usia Depp memang baru 21 tahun.
2. Serial televisi '21 Jump Street'
Johnny Depp di serial 21 Jump Street Foto: IMDB
Depp lalu melanjutkan karier sebagai bintang serial televisi '21 Jump Street'. Sebagai Tom Hanson, Johnny Depp banyak beradu peran dengan Holly Robinson yang memerankan tokoh Judy Hoffs.
Serial televisi tersebut berhasil membuat Depp dicintai oleh banyak remaja perempuan di era '80-an. Paras Depp yang tampan dan macho, juga rambut belah tengah dan anting di telinga menjadi daya tarik tersendiri.
Sejak namanya melejit di industri hiburan Hollywood berkat '21 Jump Street', Depp terus memperdalam ilmu akting dan serius menjalani karier. Ia bahkan sempat menjadi pemain pendukung di film 'Platoon' yang bertemakan perang Vietnam.
ADVERTISEMENT
3. Era '90-an bersama Tim Burton
(Edward Scissorshand' dan 'Ed Wood')
Johnny Depp di fllm 'Ed Wood' Foto: IMDB
Memasuki era '90-an, Depp menjalin keakraban dengan Tim Burton, sutradara yang kerap membuat film fantasi berbalut nuansa gothic. Pada 1990, Depp pun terpilih untuk menjadi bintang utama di film 'Edward Scissorshand'
Kala memerankan Scissorshand, Depp sama sekali tidak terlihat tampan. Wajah Depp sangat aneh berkat alis yang dicukur habis dan rambut yang dibiarkan memanjang tak beraturan.
Pada 1994, Depp kembali bekerjasama dengan Burton untuk menggarap film 'Ed Wood'. Di film tersebut, wajah Depp terlihat jauh lebih tua dari usianya berkat rambut klimis dan kumis tipis.
Berkat kerja sama Depp dengan Burton, ia untuk pertama kalinya menjadi nominasi di Golden Globe Awards. Penghargaan itu Depp peroleh pada 1995 berkat film 'Ed Wood'.
ADVERTISEMENT
4. 'Pirates of the Caribbean' dan 'Charlie and the Chocolate Factory'
Johnny Depp di film 'Pirates of the Caribbean' Foto: imdb
Memasuki era 2000-an, Johnny Depp tentu sudah tidak lagi muda. Namun, ia tetap menjadi idola remaja dan anak-anak berkat kepiawaiannya bermain di film 'Pirates of the Caribbean'.
Sebagai Captain Jack Sparrow, Depp didandani dengan berbagai atribut stereotip bajak laut. Pipinya terlihat tirus dan rambutnya serta janggutnya terlihat panjang tak beraturan.
Dua tahun setelah bermain di film 'Pirates of the Caribbean' pertama, Depp kembali tampil eksentrik di film 'Charlie and the Chocolate Factory'. Di film ini, wajah Depp terlihat sangat bersih tak bernoda dan rambut panjangnya sengaja diluruskan agar nampak rapi.
5. Film 'Sweeney Todd:
Johnny Depp di film 'Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street Foto: imdb
Film 'Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street' adalah karya kolaborasi Depp dan Burton yang paling berhasil. Sebab, Depp akhirnya sukses memenangkan piala Golden Globe Awards pertama.
ADVERTISEMENT
Di film ini, Depp memang tampil sangat prima dan raut wajahnya pun memang nampak cocok untuk memerankan sosok 'tukang cukur dari neraka' itu. Depp mengenakan riasan yang membuat wajahnya terlihat pucat dan rambut panjangnya pun diwarnai putih sehingga terlihat beruban.
Selain memenangkan Golden Globe Awards, film 'Sweeney Todd' juga membawa Depp menjadi nominator di Piala Oscar 2007. Namun, ia dikalahkan oleh aktor senior Daniel Day-Lewis yang bermain apik di film 'Daniel Plainview'.
6. Grindelwald di 'Fantastic Beast and Where to Find Them'
Johnny Depp sebagai Grindelwald Foto: YouTube/Warner Bros Pictures
Telah berusia 55 tahun, Johnny Depp masih belum berhenti menjadi salah satu aktor watak terbaik Hollywood. Ia masih rela melakukan diet dan perombakan penampilan demi film-film yang dibintangi.
ADVERTISEMENT
Depp bahkan berani untuk menerima tantangan memerankan tokoh Grindelwald di dua film 'Fantastic Beast and Where to Find Them'. Demi film itu, rambut, alis, dan kumis Depp diberi warna putih dan ia pun menurunkan hampir setengah berat tubuhnya agar terlihat lebih kurus.
Ke depannya, sequel film 'Fantastic Beast and Where to Find Them' masih akan terus dibuat. Artinya, Depp harus siap untuk mengulangi proses yang sama agar wajah dan bentuk tubuhnya tetap terlihat sama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan