kumparan
24 Jun 2018 12:46 WIB

6 Benda yang Ternyata Berbahaya bagi Bayi

Ilustrasi bayi. (Foto: Thinkstock)
Sadar atau tidak, ada benda-benda di sekitar kita yang ternyata bisa berbahaya bagi bayi. Padahal, benda-benda tersebut sekilas tampak biasa saja, bahkan kerap dijadikan mainan si kecil. Namun, Anda tetap perlu waspada terhadap bahan kandungan dan jangan sampai lengah ya Moms.
ADVERTISEMENT
Nah, apa saja benda-benda berbahaya itu? Yuk simak, kumparanMOM merangkumnya dari Boldsky berikut!
Balon
Bayi Bermain Balon (Foto: Thinkstock)
Siapa anak kecil yang tak suka balon? Selain warna-warna dan bentuknya yang menggemaskan, balon yang diikat tali memang selalu menyenangkan untuk dimainkan. Balon dengan ukuran kecil yang bisa dipegang hingga digigit anak pun tak kalah mengasyikkan.
Namun, Anda perlu waspada, Moms. Bahan lateks pada balon bisa saja menyebabkan bayi Anda tersedak. Lebih dari itu, bayi Anda pun bisa mengalami alergi terhadap lateks. Untuk itu, selalu awasi anak saat bermain balon.
Perhiasan
Jika Anda memakai perhiasan, berhati-hatilah karena bayi bisa menarik atau mencabutnya. Bila ini terjadi, tangan mungilnya bisa saja mengalami luka karena terkena sudut tajam perhiasan tersebut, Moms.
ADVERTISEMENT
Bayi juga bisa tersedak bila mengemut perhiasan atau aksesoris yang Anda kenakan. Kalung dengan bandul yang mudah terlepas misalnya. Karena itu, sebaiknya hindari memakai perhiasan berlebihan saat menggendong atau bercengkerama dengan si kecil.
Produk perawatan bayi
Ilustrasi bayi mandi. (Foto: Thinkstock)
Telitilah untuk memilih produk perawatan bayi yang aman. Baca selalu label pada kemasan dan hindari produk-produk yang mengandung hidrokarbon. Bahan ini bisa menyebabkan terserang pneumonia hingga penyakit paru-paru.
Bantal
Bantal (juga guling) dapat meningkatkan risiko sindrom kematian mendadak karena dapat membuat bayi tertekan, sesak, hingga terhalang jalur napasnya yang membahayakan nyawa. Apalagi, bantal yang terlalu empuk sementara bayi tidur menelungkup.
Tas jinjing
Jangan sembarangan meletakkan tas jinjing Anda Moms. Apalagi jika ia dalam keadaan terbuka dan memuat banyak benda yang tak Anda tata. Seperti, kaca, gunting, alat make up, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Bayi Anda bisa saja merogoh, mengambil barang-barang, hingga terperangkap di dalamnya. Belum lagi jika ia menggigit lipstik atau menyemprotkan minyak wangi ke matanya. Tentu tidak mau kan, Moms?
Tanaman di dalam ruangan
Tanaman hijau untuk dekorasi rumah. (Foto: Thinkstock)
Bukannya menambah sejuk, meletakkan tanaman asli di dalam ruangan bisa malah membahayakan bagi bayi Anda utamanya jika ia sudah bisa merangkak atau berjalan. Ia bisa saja menabrak, memainkan daun-daun, hingga menggigit atau bahkan memakannya. Padahal, ada tanaman yang mengandung racun. Apalagi bila tanaman diberi pupuk kimia!
Jadi pastikan Anda meletakkan tanaman hias Anda di tempat yang tidak terjangkau bagi si kecil. Hindarkan yang memiliki banyak duri-duri, hama, hingga racun yang berbahaya dari bahan kimia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·