kumparan
7 Des 2018 17:02 WIB

Kenapa Ibu Hamil Penting Mengkonsumsi Asam Folat?

Ibu hamil makan sehat. (Foto: Thinkstock)
Asam folat merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9 yang punya peran penting bagi ibu hamil dan janin. Mengutip laman American Pregnancy, asam folat bahkan sebaiknya dikonsumsi sejak Anda tengah merencanakan kehamilan, Moms.
ADVERTISEMENT
Anda harus tahu bahwa cacat tabung saraf biasanya berkembang dalam 28 hari pertama kehamilan. Pada masa tersebut, kebanyakan wanita biasanya belum sadar bahwa dirinya tengah mengandung.
Ilustrasi janin (Foto: Shutterstock)
Jika kini Anda tengah hamil, pastikan Anda mencukupi kebutuhan asupan asam folat harian Anda. Asam folat bermanfaat untuk menjaga saraf-saraf bayi di dalam kandungan. Selain bagi kesehatan janin, asam folat pada ibu hamil juga bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi dan mempertahankan sel baru akibat kehamilam, serta mencegah terjadinya kanker.
Terpenuhinya kebutuhan asam folat juga dapat mengurangi risiko preeklampsia, kelahiran prematur, keguguran, dan ibu hamil terkena anemia. Selain mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung asam folat seperti:
ADVERTISEMENT
Sayuran Hijau
Sayuran hijau. (Foto: Pexels)
Sayuran memang dikenal sebagai salah satu makanan yang paling sehat untuk tubuh manusia. Tidak hanya saat hamil, sayuran hijau juga wajib Anda konsumsi setelah melahirkan. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli punya kandungan asam folat yang tinggi.
Biji-bijian
Oatmeal merupakan biji-bijian yang kaya vitamin. (Foto: Pixabay/Mittmac)
Biji-bijian seperti gandum, punya kandungan asam folat yang tinggi. Selain memenuhi kebutuhan asam folat harian, biji gandum juga bermanfaat untuk mencegah sembelit pada ibu hamil, karena seratnya yang tinggi.
Kacang
Bila ingin ASI perah Anda melimpah, coba konsumsi kacang almond (Foto: Shutterstock)
Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah kacang almond. Selain bermanfaat untuk mencegah preekalmpsia, kacang almond juga dapat menurunkan risiko timbulnya alergi pada bayi baru lahir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan