Pencarian populer

Moms, Lakukan Ini Saat Kepergok Anak Sedang Berhubungan Seks

Ilustrasi kepergok anak saat bercinta (Foto: Shutterstock)
Berhubungan seks setelah punya anak memang butuh strategi dan kesabaran. Anda dan suami harus pintar mencuri waktu dan tentunya sabar menunggu hingga si kecil tertidur pulas.
ADVERTISEMENT
Namun anak bisa saja terbangun di malam hari karena haus atau ingin buang air. Nah bagaimana jika Anda kepergok anak saat sedang asyik bercinta? Apa yang harus dilakukan?
Tentu Anda dan suami akan langsung panik. Anda malu sekaligus khawatir pemandangan itu membawa dampak psikologis bagi si kecil.
Tenang Moms, di saat seperti itu usahakan untuk memasang wajah setenang mungkin meski sulit. Sebab menunjukkan ekspresi panik menyiratkan bahwa ada yang Anda sembunyikan dan membuat anak makin penasaran.
Ilustrasi kepergok anak saat bercinta (Foto: Shutterstock)
Kemungkinan besar si kecil akan bertanya “Ayah dan Ibu sedang apa?”. Jangan hiraukan pertanyaan ini meski canggung untuk menjawabnya. Jika anak Anda masih usia balita, Anda bisa menjawabnya sederhana dengan, “Ayah dan ibu sedang berpelukan karena kami saling menyayangi, Nak”.
ADVERTISEMENT
Tidak perlu menjelaskan terlalu detail karena hal itu akan membuat si kecil makin bingung. Anda juga tak perlu berasumsi anak melihat semua detail saat kalian bercinta. Beruntung jika Anda dan suami melakukannya di bawah selimut. Ia akan langsung percaya penjelasan Anda dan kembali tidur.
Dilansir Parentmap, anak di atas usia 5 tahun butuh penjelasan lebih kompleks. Anda harus lebih terbuka dan mulai mengenalkan pendidikan seks. Sebab bukan tak mungkin ia sudah pernah mendengar tentang seks dari temannya.
Tak perlu menjelaskan saat itu juga. Saat Anda panik dan si kecil bingung sekaligus mengantuk, bukan lah waktu yang tepat untuk mengenalkan istilah dan pengetahuan baru tentang seks.
Lebih baik jelaskan keesokan paginya. Mulailah dengan mengatakan bahwa bukan kesalahan si kecil melihat kejadian semalam. Setelah itu, Anda bisa menanyakan apa saja yang sebenarnya anak lihat. Pastikan bahwa ia benar-benar mengatakan apa yang ia lihat dan tidak berada di bawah tekanan Anda.
Tahapan Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak (Foto: Shutterstock)
Ketika ia menjelaskan mengenai apa saja yang ia lihat, maka Anda bisa menelaah lebih dalam lagi untuk dapat memberikan penjelasan pada si kecil sesuai dengan pengakuannya.
ADVERTISEMENT
Anda juga dapat mengatakan bahwa Anda dan suami melakukan hal itu karena saling menyayangi. Semua ayah dan ibu lain juga melakukannya. Mengatakan ini menyiratkan bahwa seks adalah tindakan normal.
Jika sebelumnya ia pernah bertanya tentang darimana bayi berasal, Anda bisa mengangkat lagi topik itu. Gunakan bahasa yang sederhana dan intonasi yang tenang. Sebab jika Anda gugup anak akan menganggap bahwa seks adalah sesuatu yang buruk dan tidak perlu dibicarakan.
Ingat ya Moms, lain kali jangan lupa mengunci pintu saat akan berhubungan seks!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86