kumparan
24 Jan 2019 9:19 WIB

Tips Memilih Sepatu Sekolah untuk Anak

Ilustrasi sepatu sekolah anak. (Foto: Shutter Stock )
Moms, apa saja yang menjadi pertimbangan Anda saat memilih sepatu sekolah untuk anak? Tidak boleh sembarangan atau asal-asalan, lho!
ADVERTISEMENT
Ini penting dan lebih dari 'sekadar' mematuhi peraturan sekolah, Moms. Sebab, sepatu sekolah dipakai anak setiap hari untuk waktu yang cukup lama. Anak akan akan berjalan, berlari, dan bermain dengan sepatu sekolah yang Anda berikan untuknya. Oleh karena itu pastikan Anda memilih sepatu dengan cermat.
Salah memilih sepatu tak hanya membuat si kecil tidak nyaman tapi juga bisa mengganggu pertumbuhan anak maupun membahayakannya. Memakai sepatu yang terlalu sempit misalnya, dapat mempengaruhi pertumbuhan kakinya, postur, dan menyebabkan nyeri. Sementara sepatu yang terlalu besar dapat membuat anak terjatuh!
Jadi apa saja yang harus diperhatikan saat memilih sepatu untuk anak sekolah? Berikut panduannya:
1. Kaki Diukur dengan Tepat
Ilustrasi sepatu sekolah anak. (Foto: Shutter Stock )
Perkiraan Anda tentang ukuran kaki si kecil tak selalu akurat. Karenanya, pastikan Anda mengukur panjang kaki anak secara cermat dan lakukan pengukuran terpisah untuk kaki kanan dan kiri. Ini perlu dilakukan karena ukuran kaki kanan dan kiri anak bisa saja berbeda.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya panjang, Anda juga perlu mengukur lebar kaki si kecil. Meski nomer atau ukuran panjangnya sama, setiap sepatu bisa saja memiliki lebar yang berbeda.
Dilansir Practical Parenting, sebaiknya Anda memilih sepatu yang menyisakan ruang kosong sekitar 1 cm dari jari kaki terpanjang. Jika terlalu pas, tentu tidak akan nyaman untuk si kecil yang dalam masa pertumbuhan.
Karena itu yang paling baik, ajaklah anak saat hendak membeli sepatu dan minta ia mencoba dengan berjalan dan berlari dalam toko sepatu. Tujuannya tentu saja untuk menguji kenyamanan sepatu saat dikenakan anak, Moms.
2. Sol yang Cukup Tebal
Flat shoes mungkin tampak imut, tapi jangan membelinya untuk sepatu sekolah anak perempuan Anda. Sepatu pantofel dengan sol dan hak yang agak tebal lebih nyaman untuk mendukung aktivitas si kecil. Tapi tentu saja bukan hak seperti sepatu kantor atau pesta Anda, ya.
ADVERTISEMENT
Begitu juga dengan sepatu sekolah anak laki-laki. Sol yang agak tebal dengan tekstur bergerigi akan menjaga anak terpeleset atau terjatuh saat aktif beraktivitas di sekolah.
3. Ringan dan Kuat Tapi Tidak Kaku
Ilustrasi sepatu sekolah anak. (Foto: Shutter Stock )
Anak tak hanya duduk sepanjang jam pelajaran. Pada jam istirahat, ia akan berlarian dengan teman-temannya. Pilihlah sepatu yang ringan dan kuat namun tidak kaku yang cocok untuk anak yang energinya seakan tak pernah habis untuk bermain.
4. Perhatikan Fitur Sepatu
Fitur sepatu juga penting diperhatikan untuk menjamin kenyamanan anak. Ada fitur sepatu sekolah yang disertai tali, perekat velcro, gesper, atau resleting besar. Jika memilih sepatu bertali, pastikan anak sudah mampu mengikat sepatu dengan baik. Bila belum, sepatu dengan perekat akan jadi pilihan yang tepat.
ADVERTISEMENT
5. Beli di Malam Hari
Mengutip laman Kidspot, waktu terbaik untuk membeli sepatu sekolah si kecil adalah di malam hari. Sebab setelah seharian beraktivitas, kaki anak akan sedikit membengkak di malam hari. Alhasil sepatu yang dibeli akan pas untuk anak saat kakinya membesar.
Bila sudah mengikuti semua panduan ini, jangan lupa, perhatikan terus ukuran kakinya. Minta anak bercerita atau periksa lah secara berkala apakah sepatunya masih nyaman digunakan. Maklum, si kecil dalam masa pertumbuhan, artinya anak Anda bisa jadi ganti ukuran sepatu tiap tahun atau bahkan tiap semester.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan