Pencarian populer

Tips Mengurangi Rasa Mual saat Hamil

Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock

Merasakan mual saat hamil, mungkin bisa dibilang ada senangnya dan ada tidaknya. Senang karena tidak lama lagi Anda dan pasangan segera punya anak, dan kurang senangnya karena mual bisa membuat hari-hari berjalan tidak nyaman.

Anda mungkin tak bisa menghilangkan mual sepenuhnya selama kehamilan, tapi tentu saja masih bisa disiasati untuk kurangi munculnya mual dan muntah.

Menurut Dr. Ivan Sini, SpOG dari RS Bunda Jakarta pada laman Ivan Sini, ada beberapa cara yang ibu hamil bisa lakukan, di antaranya:

- Hindari bau menyengat

Bau tajam bisa menimbulkan mual, Moms, karenanya perlu untuk dihindari. Misalnya seperti bau duren, parfum, dan bensin.

Ilustrasi menyengat parfum bisa memicu mual saat hamil. Foto: Dok. Freepik

- Makan dalam porsi sedikit tapi sering

Kondisi mual saat hamil bisa memengaruhi nafsu makan jadi ikut menurun. Masalahnya, kalau dibiarkan terus bisa mengganggu asupan nutrisi makanan dan minuman yang ibu hamil konsumsi, terhadap tumbuh kembang janin.

Untuk menyiasatinya, cobalah makan dalam porsi sedikit tapi sering, Moms. Anda juga boleh makan camilan, pastikan pilih makanan ringan yang sehat ya.

- Konsumsi buah kaya vitamin C

Buah yang mengandung vitamin C dipercaya bisa meminimalisir mual saat hamil. Hitung-hitung, jadi camilan sehat nan segar selama hamil ya, Moms.

Tapi, perhatikan konsumsi pada buah yang punya rasa asam yang bisa-bisa menyerang asam lambung.

Ilustrasi ibu hamil makan makanan sehat. Foto: Shutterstock

- Rutin olah raga

Selain membuat tubuh menjadi bugar, rutin olah raga bisa mengurangi dampak mual. Jadi jangan enggan untuk bergerak ya, Moms. Anda bisa mencoba yang ringan tapi menyenangkan seperti berjalan santai di pagi hari, misalnya.

- Istirahat cukup

Kekurangan istirahat juga dapat mengakibatkan gejala mual dan muntah semakin parah. Pastikanlah Anda cukup beristirahat.

- Konsumsi air putih

Air putih berperan penting demi menjaga tubuh ibu hamil agar tetap terhidrasi baik. Terlebih saat mual dan muntah, membuat ibu hamil jadi rentan dehidrasi.

Untuk itu, tetaplah minum air putih sedikit demi sedikit tapi sering, Moms. Jangan terbalik jadi sangat banyak tapi sekali minum, sebab itu justru bisa picu rasa mual saat hamil.

------------------------------------

Masih ada artikel-artikel seputar rasa mual selama hamil yang kumparanMOM siapkan untuk Anda. Agar betul-betul paham, yuk baca habis semuanya!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63