kumparan
30 Apr 2019 17:15 WIB

Umur Berapa Anak Tidak Usah Dapat Imunisasi Lagi?

Ilustrasi anak sedang diimunisasi. Foto: Shutter Stock
Menaati jadwal pemberian imunisasi secara teratur sangat penting agar anak mendapat kekebalan tubuh yang lengkap. Karenanya, orang tua perlu disiplin mengingatnya. Bila perlu, lakukan berbagai cara yang bisa membantu mengingatkan. Misalnya mencatat pada kalender, menyetel jadwal di agenda digital pada ponsel hingga menempel jadwal atau tabel imunisasi di rumah, terutama di tempat yang sering Anda lihat setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Setelah si kecil beranjak besar, bukan berarti ini berhenti lho, Moms! Ya, pemberian vaksin tak cuma saat si kecil masih bayi atau berusia balita saja.
Ilustrasi anak imunisasi, diberi vaksin. Foto: Shutterstock
Prof. DR. dr. Soedjatmiko, SpA (K), Msi., Sekretaris Satgas Imunisasi IDAI dalam keterangan tertulis yang diterima kumparanMOM mengungkap pentingnya imunisasi hingga anak masuk usia sekolah, remaja bahkan dewasa.
"Sangat perlu, karena hasil imunisasi bayi dan balita, kekebalannya akan menurun perlahan sehingga pada usia sekolah dan remaja sangat rendah, berisiko mudah tertular oleh penyakit-penyakit tersebut," katanya.
Ilustrasi vaksin dan imunisasi Foto: Shutterstock
Dokter anak yang akrab disapa Dr Miko ini juga menambahkan, pada usia sekolah dan remaja, setiap hari selama 7-8 jam/hari, mereka saling berinteraksi aktif dengan banyak anak dari berbagai lokasi rumah tinggal, sehingga mempertinggi risiko tertular dan menularkan.
ADVERTISEMENT
"Oleh karena itu, pada usia sekolah dan remaja harus dilanjutkan imunisasi sesuai yang direkomendasikan oleh kementerian kesehatan dan IDAI," tegasnya.
Mengutip laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pemberian imunisasi juga tetap dilanjutkan pada orang dewasa, bahkan lansia. Sehingga baik Anda dan suami juga perlu mendapatkan vaksin khusus orang dewasa, Moms.
_________________________________________
kumparanMOM mendukung penuh Pekan Imunisasi Dunia dengan menyiapkan puluhan artikel tentang imunisasi sepanjang minggu ini khusus untuk Anda, Moms.
Baca semuanya dengan mengikuti topik Pekan Imunisasi Dunia dan jangan lupa sebarkan pada seluruh keluarga dan teman-teman Anda, ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·