Pencarian populer

Donald Trump dan Kim Jong-un Akan Bertemu Lagi Tahun Depan

Donald Trump dan Kim Jong-un. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan dijadwalkan kembali bertemu pada tahun depan. Pertemuan nanti akan membahas isu-isu yang belum rampung terkait denuklirisasi Korut.

Diberitakan Reuters, informasi ini disampaikan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dalam wawancara radio dengan penyiar Laura Ingraham pada Rabu (31/10). Dia mengatakan, pertemuan Trump dan Kim diperkirakan akan berlangsung pada awal tahun depan.

Menurut Pompeo, pertemuan nanti akan membahas isu substansial, salah satunya melucuti ancaman nuklir dari Korea Utara. Kesepakatan pelucutan senjata nuklir memang disampaikan Kim saat bertemu Trump di Singapura Juni lalu, namun Korut dianggap masih belum serius mewujudkannya.

AS mendesak Korut transparan dalam melucuti senjata nuklir mereka, termasuk mengungkapkan dengan gamblang soal fasilitas rudal dan reaktor. Sebelum hal ini dilakukan, AS belum mau menghapuskan sanksi ekonomi untuk Korut.

"Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, dan Ketua Kim jelas mengatakannya kepada saya - sejelas saya berbicara kepada Anda, Laura - bahwa dia berniat denuklirisasi dan kami akan melakukan segalanya untuk membantu dia mewujudkan komitmen itu," kata Pompeo.

Kementerian Luar Negeri AS belum menyampaikan detail soal rencana pertemuan Kim dan Trump. Namun Reuters menuliskan, pertemuan itu diduga kuat akan dilakukan di New York.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: