kumparan
13 Apr 2019 17:45 WIB

2 Bulan Meluncur, Wuling Almaz Sudah Dipesan 2.000 Unit

Test drive Wuling Almaz menyusuri jalanan berkelok-kelok menuju Bandung dari Sukabumi Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Wuling Almaz terus menorehkan catatan positif. Dalam waktu sebulan setelah dibuka keran pemesanan, model jagoan baru jenama China itu sudah dipesan hingga 1.000 unit.
ADVERTISEMENT
Kemudian menginjak dua bulan setelah resmi diluncurkan, pabrikan mencatat sudah ada 2.000 surat pemesanan kendaraan (SPK) yang masuk ke diler-dilernya.
Brand Manager Wuling Motor, Dian Asmahani mengatakan, penerimaan yang begitu besar melampaui ekspektasi pabrikan, sehingga membuat Wuling dikejar pekerjaan rumah buat mengirimkan unitnya secepat mungkin biar konsumen tidak berpaling ke model lain.
Test drive Wuling Almaz masuk tol Jagorawi Foto: dok. Wuling Motors
"Almaz SPK sudah 2.000-an lebih lah ya, jadi respons konsumen Indonesia cukup positif, kami juga surprise lihatnya, sementara untuk pengiriman bertahap ya, kan kemarin wholesales (Februari) 500-an (586 unit berdasarkan data Gaikindo), Maret 390-an itu sudah dikirim ke konsumen," ujarnya beberapa waktu lalu.
Kemudian soal lamanya inden, Dian enggan merinci waktunya. Dirinya mengakui kalau pengiriman unitnya beragam tergantung 'nomor antrian' pemesanan dan warna unitnya.
Visibilitas Wuling Almaz yang minim blindspot Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
"Ada antriannya, dulu pada saat pre-booking sudah dikirim semua, tapi kalau baru pesan sekarang tergantung antriannya," imbuh wanita murah senyum ini.
ADVERTISEMENT
Wuling Almaz yang dibanderol Rp 318,8 juta ini hanya ditawarkan dalam satu tipe saja. Dengan konfigurasi jok 5-penumpang, SUV pertamanya di Indonesia ini sekaligus bersinggungan dengan Honda CR-V turbo, serta kompetitor satu negaranya, DFSK Glory 580.
Layout dashboard Wuling Almaz yang terkoneksi dengan Wuling Link Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Berbekal mesin berkubikasi 1.451 cc dengan turbocharged DOHC in-line 4-silinder, di atas kertas menjanjikan tenaga hingga 140 dk pada 5.200 rpm dan torsi maksimum 250 Nm yang dicapai pada putaran 1.600-3.600 rpm.
Daya maksimumnya tersebut disalurkan pada roda penggerak depannya, melalui transmisi otomatis CVT 8-percepatan. Namun sayangnya belum tersedia paddle shift buat mekanisme pergantian giginya, pengemudi bisa melakukan pengendaraan manual pada tuas transmisinya saja.
Selain mesin induksi paksa yang jadi kelebihan, sejumlah fitur keselamatan dan pemanja juga jadi pertimbangan Wuling Almaz disukai orang banyak, salah satunya head unit layar sentuh 10,4 inci yang tidak dimiliki kompetitor.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, meskipun ada inden, tidak menyurutkan pemesanan unitnya yang terus mengalir.
"Yang jelas kami berusaha deliver produk secepatnya, karena kan sudah 800 lebih yang sudah dikirim, masih ada seribuan lagi maka kami berusaha secepatnya kirim. Untuk warna, Aurora Silver paling banyak," tuntas Dian.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan