Pencarian populer

7 Keunggulan Wuling Almaz Dibanding Kompetitornya

Test Drive Wuling Almaz di Jawa Barat Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Wuling Almaz seakan jadi trendsetter SUV kelas menengah di Indonesia. Hadir dengan wajah yang kekinian lewat desain lampunya yang bertingkat, membuat orang yang menolehnya bisa cepat suka.

Tapi bukan soal tampilan eksteriornya saja yang jadi daya tarik, jagoan baru jenama China ini juga punya desain interior elegan, jantung mekanis berperforma, sampai fitur-fitur yang tidak dimiliki para kompetitornya.

Dari segala keunggulan tersebut, kumparan sudah merangkum setidaknya 7 selling point Wuling Almaz. Berikut ulasannya.

1. Mesin turbo

SUV Wuling Almaz resmi mengaspal di Indonesia, tantang CR-V, Pajero Sport dan Fortuner. Foto: Aditya Pratama Niagara / kumparanOTO

Pertama dari sisi dapur pacunya. Wuling Almaz mengemas mesin 1.500 cc dengan turbocharged besutan Honeywell yang menjanjikan output 140 dk pada 5.300 pm dan torsi puncak 250 Nm yang dicapai pada 2.600-3.600 pm.

Besaran dayanya itu disalurkan pada transmisi CVT 8-percepatan melalui penggerak roda depan (FWD). Sementara guna mengakomodasi pengendaraan sesuai keinginan, ada 3 modus berkendara meliputi Eco, Sport dan Normal yang bisa dipilih lewat tombol di cluster transmisinya.

2. Head unit 10,4 inci

Punya fitur kamera 360 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Lanjut masuk ke interior, head unit layar sentuh dengan ukuran 10,4 inci bisa langsung menarik perhatian. Maklum, bisa dibilang Wuling Almaz jadi mobil pertama yang menawarkan perangkat audio sebesar ini.

Menariknya, kemampuannya tidak hanya memainkan ragam audio dan video dari beberapa inputan yang tersedia. Selain punya fitur mirroring smartphone dalam balutan Wuling Link, layar sentuhnya ini juga bisa menampilkan kamera 360, pengaturan AC, sampai pengaturan sistem kendaraan meliputi auto unlock/lock door, walk me home, wiper maintenance, dan lainnya.

3. Tyre Pressure Monitoring System

Layout dashboard Wuling Almaz yang terkoneksi dengan Wuling Link Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Head unit lebarnya ini juga menampilkan fitur pendeteksi tekanan udara keempat ban yang disebut Tyre Pressure Monitoring System (TPMS).

Memang sih fitur yang satu ini sebenarnya bisa terlihat di multi information display (MID) pada panel instrumennya. Namun bila terpampang pula di layar sentuhnya, penumpang depan juga bisa ikut membantu pengemudi mendeteksi perubahan tekanan ban yang terjadi.

4. Panoramic Sunroof dengan bukaan lebar

Wuling Almaz, ilustrasi panoramic sun roof Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Kemudian, ada pula panoramic sunroof dengan bukaan yang lebar dari baris depan sampai tengah. Berdasar data spesifikasi, kaca panoramic-nya ini punya luas 0,82 meter.

Adapun pengaturan bukaan kaca panoramic dan cover plafonnya bisa dilakukan pada tombol yang tersedia di plafon di atas spion tengahnya. Lewat fitur ini, tentunya menjadikan rasa berkendara lebih mewah layaknya mobil premium.

5. Automatic Vehicle Holding dan Electronic Parking Brake

Test drive Wuling Almaz: Indikator Auto Vehicle Holding Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Selanjutnya ada fitur yang memberikan kemudahan saat mengemudikan Wuling Almaz. Bila mobil di kelasnya masih menawarkan tuas rem parkir konvensional, SUV lima berlian ini sudah menggunakan dengan sistem elektrik.

Tidak itu saja, Electronic Parking Brake-nya itu juga dipadukan dengan Automatic Vehicle Holding (AVH) atau Brake Hold. Sehingga ketika macet dalam keadaan stop and go, ketika AVH diaktifkan, kaki kanan tidak perlu menahan pedal rem.

6. Window Jam Protection

Test drive Wuling Almaz menyusuri jalanan berkelok-kelok menuju Bandung dari Sukabumi Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Ada lagi yang namanya Window Jam Protection yang memungkinkan keamanan ketika membuka jendela. Berdasarkan pemaparan Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, fitur ini akan mencegah anggota badan yang keluar atau material lain yang lewat jendela terjepit.

"Fitur jam protection atau anti-pinch ada di sisi pengemudi dan sunroof Wuling Almaz," sebutnya kepada kumparan, Jumat (17/5).

7. Harga Rp 318,8 juta

Peluncuran Wuling Almaz, harganya Rp 318,8 juta Foto: Aditia Niagara/kumparan

Terakhir, Wuling Almaz dibanderol hanya dengan satu tipe, serta cuma memiliki konfigurasi kursi 5-penumpang. Ditawarkan dengan banderol Rp 318,8 juta, rasanya pantas dijadikan pilihan SUV idaman saat model lain membanderolnya di atas Rp 400 jutaan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Disponsori oleh
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38