Pencarian populer

Bikin Head Unit ala Tesla, Modalnya Rp 8,5 Juta

Tesla Model X Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Head unit Tesla berupa layar sentuh 17 inci punya daya tarik sendiri. Bagaimana tidak, semua sistem operasi kendaraan, hiburan, dan segala informasi bisa dimainkan pada sistem audio tersebut.
ADVERTISEMENT
Tak cuma itu, saking besarnya layar juga bikin dashboard lebih simpel tapi jauh lebih modern dan berkelas. Berminat memilikinya?
Tampilan head unit Tesla Foto: dok. ProClip USA
Tenang, tidak usah merogoh kocek dalam-dalam hingga miliaran rupiah buat beli Tesla. Solusinya bisa pasang head unit aftermarket keluaran M-Tech yang bisa disematkan pada berbagai dashboard mobil terbaru.
"Kalau Tesla style sekarang ini ada beberapa buat Pajero Sport, Fortuner, dan Nissan Terra. Ukurannya Pajero dan Fortuner 12,1 inci, sementara Terra 10,2 inci," buka Richard, penggawa spesialis distributor OEM Kramat Motor di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (14/8).
Karena punya ukuran yang besar dan memanjang ke bawah, pemasangannya menggunakan frame yang telah disediakan Kramat Motor. Selain itu, tombol pengaturan AC bawaan juga harus dikorbankan supaya layar terpasang rapi.
Head unit 'Tesla style' Pajero Sport Foto: dok. Istimewa
"Kan panjang tuh, tombol AC original di-take, digantikan dengan head unit ini, karena memang sudah terintegerasi kontrolnya lewat layar sentuh," pungkas Richard.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk Pajero Sport karena bagian bawah dashboard di konsol tengahnya terdapat tombol hazard dan indikator seatbelt, terang Richard akan dipindahkan ke samping kanan dan kiri mengikuti bentuk dari frame.
Lebih lanjut bukan hanya pengaturan AC yang bisa dimainkan, tambahnya lagi segala macam informasi dapat ditampilkan jelas di layarnya itu. "Ada banyak indikatornya, misalnya panel pintu kebuka, terus seperti rpm, speedometer, sama di Pajero dan Terra punya indikator sensor waktu mundur akan tampil juga di head unit," katanya lagi.
Head unit 'Tesla style' Pajero Sport Foto: dok. Istimewa
Soal pemasangan pun dikatakan Richard mudah. Mekanismenya dikatakannya sudah 'soket to soket', jadi tidak memakan waktu lama buat pengerjaannya. Di bawah 60 menit, pengerjaan sudah selesai, mencakup pemasangan frame dan penyambungan koneksi tombol pada setir.
ADVERTISEMENT
Nah terakhir soal harga, Richard mematok head unit layar sentuh super besar itu mulai dari Rp 8,5 jutaan. Konsumen bisa pilih pasang di workshop atau di rumah.
"Kalau pasang di rumah se-Jabodetabek free, harganya sudah termasuk ongkos pasang," tuntas Richard.
Spesifikasi: Ukuran: 12,1 inci OS: Android 7.1 (Nougat) RAM: 2 GB ROM: 32 GB Touch Screen: Glass Panel IPS Support: Navigasi, Screen Mirroring, HD Video & Audio, Phone Link, Bluetooth, Radio, DVR
Kramat Motor Alamat: Jl. Gading Kirana III, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240 Telepon: 0813 1403 1333
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86