Pencarian populer

Ekspor Turun, Toyota Pertahankan Target Pertumbuhan 5 Persen

Pengunjung melintasi deretan mobil baru siap ekspor terparkir di PT Indonesia Kendaraan Terminal atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) terpaksa menenggak pil pahit, lantaran performa ekspor mobil utuh (Completely Built Up/CBU) mereka pada Januari-April 2019 harus terkoreksi 6 persen.

Mengacu pada data internal TMMIN, tercatat sepanjang empat bulan pertama di 2019 ekspor hanya mencapai 61.600 unit. Sementara periode yang sama 2018 lalu, berhasil menyentuh angka 65.700 unit.

Bukan tanpa sebab, jalannya bisnis ekspor Toyota sedikit terganjal karena gejolak perekonomian global, adanya tendensi proteksionisme di beberapa negara, serta kondisi ekonomi di negara tujuan ekspor yang terganggu, khususnya di kawasan Timur Tengah dan Filipina.

Toyota rayakan capaian 1 juta unit ekspor Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Toyota --termasuk produk Daihatsu-- mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pengiriman ke Filipina pada 2018 bisa mencapai 65.926 unit atau sekitar 31 persen dari total. Angka tersebut hampir menyerupai kontribusi ekspor ke Timur Tengah (Gulf Cooperation Council/GCC).

“Naik turunnya kondisi perekonomian di sebuah negara tujuan ekspor merupakan hal di luar kontrol atau kendali kita dan tidak terhindarkan. Namun demikian, hal-hal seperti ini tentu telah kami perhitungkan dalam manajemen risiko,” tutur Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN dalam keterangan resmi yang diterima kumparan beberapa waktu lalu.

Pertahankan Target

Rapor merah kinerja ekspor di Januari-April 2019, tak menggoyahkan TMMIN untuk mengoreksi target ekspor sampai akhir tahun. Mereka masih optimistis mematok pertumbuhan positif di angka 5 persen sampai akhir tahun.

Toyota rayakan capaian 1 juta unit ekspor Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

“Kami masih optimistis target pertumbuhan di atas 5 persen dapat tercapai. Mulai pertengahan tahun, akan ada ekspansi ekspor ke negara tujuan baru di kawasan Amerika Tengah. Ditambah lagi permintaan fleet order dari negara-negara Timur Tengah, diharapkan membantu tercapainya target,” tuturnya.

Meski begitu, Bob Azam mengakui penambahan negara tujuan ekspor prosesnya tak singkat. Mereka harus studi pasar termasuk soal regulasi. TMMIN juga mengundang para distributor dari kandidat negara tujuan ekspor baru ke fasilitas produksi di Karawang, berdiskusi soal tren dan karakteristik pasar. Setelah selesai, mereka mengusulkan potensi perluasan ekspor ini ke pihak prinsipal untuk mendapatkan persetujuan.

“Persaingan yang semakin sengit, ditambah dengan kondisi ekonomi global yang kurang stabil, membuat kami harus semakin proaktif dalam meningkatkan performa ekspor, tidak hanya menunggu order dari prinsipal. TMMIN membuat divisi khusus yang bertugas mencari pasar-pasar tujuan ekspor baru sebagai upaya dalam menjawab tantangan tersebut,” ucap Bob.

Ekspor 1 juta unit mobil Toyota ke berbagai negara Foto: Gesit Prayogi/kumparan

Dari total ekspor CBU bermerek Toyota, kontributor terbesar masih dari segmen Sport Utility Vehicle (SUV) Fortuner, dengan volume 14.400 unit atau menyumbang 23 persen.

Kemudian ada Rush dengan total pengiriman 12.600 unit (20 persen), serta Agya di tempat ketiga dengan volume 10.800 unit (18 persen). Selebihnya ada Vios 7.500 unit, Avanza 8.400 unit, serta 7.900 unit terdiri dari beberapa produk seperti Toyota Kijang Innova, Sienta, Yaris dan Town Ace/Lite Ace.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59