Pencarian populer

Kembang-Kempis Penjualan Yamaha Byson di Indonesia

Yamaha Byson (Foto: dok. YIMM)

Byson, salah satu produk Yamaha di segmen sport naked, kabarnya sudah hampir tak terdengar lagi. Memang, sejak terakhir memperkenalkan tampilan baru pada Juni 2017 lalu, pabrikan berlambang garpu tala ini belum lagi mendapat penyegaran lagi.

Lebih buruknya lagi, distribusinya terus melorot khususnya dalam empat tahun terakhir. Pada 2018 saja (Januari-Juni) hanya memperoleh 54 unit atau rata-rata per bulannya hanya 9 unit.

Mencoba melangkah mundur khususnya pada tahun pertama versi FI hadir pada 2015, Byson masih mampu mengirimkan unitnya ke diler sampai 15.128 unit. Bila menghitung rata-ratanya per bulan ada di angka 1.260-an unit.

Distribusi Yamaha Byson 2015-2017 (diolah dari data AISI). (Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO)

Lalu beranjak ke tahun berikutnya, penurunan terjadi cukup dalam sampai 55,55 persen, menjadi 6.725 unit dengan rata-rata 560-an unit. Lalu sepanjang 2017 angkanya malah masih anjlok 89,92 persen, dengan penjualan hanya 56 unit per bulannya atau total 678 unit.

Mengamati tren penyusutan Yamaha Byson setiap tahun, lalu bagaimana sebenarnya nasib motor ini. Apakah bakal dihentikan produksinya alias diskontinu?

Manager Marketing - Public Relation Department PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, mengatakan distribusi dan dan penjualan Yamaha Byson masih berlanjut. Meskipun, ia tak memungkiri bahwa secara angka sudah tak sebesar dulu.

“Pertimbangannya adalah demand-lah, selama permintaannya masih ada kami supply, tapi kalau sudah tidak ada ya apa boleh buat. Intinya kita lihat demand, kalau memang ternyata naik lagi, kan bukan tidak mungkin,” tutur pria dengan sapaan akrab Anton ini kepada kumparanOTO, Kamis (10/1).

Anton menambahkan, pada segmen yang dihuni Byson memang kondisinya secara nasional sedang mengalami penurunan. Sedikit banyak ini yang kemudian mempengaruhi kondisi Byson juga.

Hasil pantauan kumparanOTO pada situs resmi Yamaha, Byson FI masih dipajang dan dijual. Banderolnya di angka Rp 22.950.000 unit, dengan tiga pilihan warna Matte Red, Matte Brown, dan Matte Grey.

Soal jantung pacu, Byson menggendong mesin injeksi 150 cc 4 langkah SOHC berpendingin udara. Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 9,61 kw (12,88 dk) pada 8.000 rpm, dan torsi 12,98 Nm pada 6.000 rpm.jakarta

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: