kumparan
4 Sep 2019 19:30 WIB

Xiaomi Punya 24 Juta Pengguna Aktif Smartphone MIUI di Indonesia

Produksi smartphone Xiaomi di pabrik PT Sat Nusapersada, Batam. Foto: Muhammad Darisman/kumparan
MIUI, peranti lunak berbasis OS Android yang dikembangkan oleh Xiaomi, ternyata memiliki jumlah pengguna aktif yang cukup banyak di Indonesia. Setidaknya, perusahaan teknologi asal China tersebut mengklaim punya 24 juta pengguna aktif bulanan MIUI pada perangkat smartphone di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna aktif MIUI terbesar di dunia. S
“Indonesia adalah salah satu pasar yang penting. Kami memiliki 24 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia,” beber Yajun Yan, Head of Xiaomi Global Internet Business, pada saat menghadiri Xiaomi Developer Conference di Jakarta pada Rabu (4/9).
Selain membeberkan jumlah pengguna aktif MIUI di Indonesia, Yan juga menjelaskan bahwa Xiaomi memiliki 279 juta pengguna aktif bulanan MIUI di seluruh dunia. Sebagai rinciannya, MIUI telah mencakup 220 negara dengan 77 bahasa yang berbeda.
Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi. Foto: Jason Lee/Reuters
Tidak hanya itu, Xiaomi juga menyingkap bahwa terdapat 150 juta pengguna toko aplikasi GetsApp di seluruh dunia. Toko aplikasi ini sebelumnya bernama Mi Apps Store.
ADVERTISEMENT
Indonesia sendiri menyumbang 1,7 juta pengguna aktif harian di GetsApp. Jumlah tersebut terbilang banyak, karena GetsApp sendiri baru hadir di Indonesia sejak Mei 2018.
Adapun pertumbuhan pengguna aktif GetsApp di Indonesia diklaim memiliki tren yang terus meningkat. Berdasarkan laporan yang disampaikan pihak perusahaan, pengguna aktif GetsApp meningkat 17 persen dalam satu tahun terakhir.
Untuk rinciannya sendiri, terdapat 500 ribu pengguna pada Juni 2018. Jumlah tersebut meningkat hingga menyentuh angka 700 ribu pada September 2019, dan 1,7 juta pada Juli 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan