Pencarian populer

5 Kota yang Jadi Destinasi Kuliner Andalan Indonesia

Sate Klatak yang terkenal dari Yogyakarta (Foto: Shutter Stock)

Bagi pecinta kuliner, traveling tidak hanya tentang destinasi perjalanan, network, dan pengalaman saja, tapi lebih berfokus pada makanan. Bagi mereka, traveling baru terasa sempurna setelah mencoba berbagai kuliner khas dari destinasi yang dituju.

Traveler jenis ini tak jarang menentukan destinasi wisata dari berbagai pilihan menu makanan yang ada dan kerap disuguhkan di daerah tersebut. Namun, sebelum menggelari dirimu sebagai 'pecinta kuliner', tahukah kamu bahwa ada lima kota destinasi wisata kuliner yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai destinasi kuliner terfavorit?

Kemenpar melalui Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja, Vita Datau Messakh mengatakan bahwa ada lima kota yang menjadi Top 20 destinasi kuliner andalan Indonesia. Kota tersebut antara lain Jakarta, Bali, dan Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang).

Menurut rilis yang diterima kumparanTRAVEL dari Kemenpar, ada tiga program yang menjadi perhatian Kemenpar dalam memajukan wisata kuliner Indonesia. Program itu adalah Nation's Food, Destination's Food, fan tersebarnya restoran diaspora Indonesia di mancanegara.

Penasaran, apa saja kota-kota yang jadi surga bagi pecinta kuliner? Simak, yuk.

1. Jakarta

Ilustrasi permainan Tornado di Dufan Ancol (Foto: Dok.Ancol)

Sebagai Ibu Kota Indonesia, Jakarta memang bisa kamu perhitungkan sebagai surga makanan. Pasalnya, Jakarta ditinggali berbagai suku, ras, dan budaya di Indonesia. Sehingga untuk mencari hidangan yang lezat bukanlah hal yang sulit.

Ilustrasi Soto Betawi (Foto: Dok. Kafe Betawi)

Mulai dari kuliner lokal seperti nasi uduk, ketoprak, soto betawi, lontong, kerak telor, menjadi daftar makanan yang mesti kamu coba saat berada di Jakarta. Selain itu, ada pula berbagai hidangan lainnya seperti Chinese, Western, dan Italian food yang bisa kamu nikmati saat berada di Jakarta.

Di Jakarta, kamu yang senang mencicipi makanan dan minuman juga bisa menemukan pameran kuliner dengan mudah. Salah satunya adalah SIAL Interfood yang akan dilakukan pada 21-24 November 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

2. Bali

Umat Hindu di Desa Penglipuran saat Galungan. (Foto: REUTERS/Nyimas Laula)

Seperti nama julukannya, Pulau Dewata alias Bali memang layaknya pulau yang dihuni para dewa. Bukan hanya laut dan pantainya saja yang indah, Bali juga memiliki kuliner khas yang lezat.

Ayam betutu dari Bali (Foto: Shutter Stock)

Sebut saja ayam betutu yang kaya rempah, berdaging lembut dengan rasa gurih dan memiliki cita rasa pedas, babi guling dengan kulit berwarna kecoklatan, sate lilit, lawar, dan sambal matah yang tidak boleh kamu lewatkan. Sudah lapar?

3. Yogyakarta

Gondola tradisional di Pantai Timang, Yogyakarta (Foto: Flickr/Pandora Voon)

Destinasi kuliner berikutnya berada di salah satu kota wisata Indonesia setelah Bali yang tak pernah sepi turis, yaitu Yogyakarta. Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap tanpa menyantap gudeg.

Hidangan sayur nangka yang dimasak selama berjam-jam dengan menggunakan santan itu menjadi salah satu kuliner khas yang dari Kota Pelajar itu. Saking terkenalnya, nama Kota Gudeg bahkan disematkan sebagai julukan lain bagi Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum (Foto: Dok gudegyudjumpusat.com)

Selain gudeg, masih ada lagi berbagai makanan dan minuman yang wajib kamu coba saat menyambangi Yogyakarta, seperti sate klatak, lele mangut, oseng mercon, angkringan kopi jos, saoto bhatok, dan masih banyak lagi.

4. Solo

Keraton Surakarta. (Foto: Flickr/Aditya Darmasurya)

Solo, kota yang merupakan tanah kelahiran Presiden Indonesia, Joko Widodo menjadi salah satu destinasi kuliner andalan yang ditetapkan oleh Kemenpar. Di sana kamu juga bisa berkunjung ke Keraton Surakarta dan menikmati kejayaan kerajaan Jawa.

Tengkleng Solo (Foto: Shutter Stock)

Berbagai kuliner khas yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di solo di antaranya adalah Tengkleng, Tongseng, Nasi Liwet, Timlo, dan Cambuk Rambak. Bagi kamu yang senang menikmati hidangan penutup mulut, jangan lupa untuk mencoba Srabi Notosjuman yang legendaris dan tentunya es gempol.

5. Semarang

Klenteng Sam Po Kong (Foto: Wikimedia Commons)

Dari nama julukannya saja, kamu pasti langsung tahu makanan khas yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Semarang. Ya, lumpia, saking banyaknya yang menggemari lumpia khas Semarang, nama Kota Lumpia pun menjadi 'nama panggilan' bagi si Kota Atlas.

Berbagai makanan khas dengan cita rasa lezat bisa kamu temukan di setiap sisi Semarang.

Lumpia Semarang yang Legendaris di Gang Lombok (Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan)

Kamu bisa memulai petualangan kulinermu di sekitar kawasan Poncol untuk menikmati Nasi Goreng Padang, berburu lumpia di kawasan Mataram, sop buntut dan ayam goreng Pak Supar di sekitar Gajah Mada, atau Tahu Gimbal di Jalan Pahlawan.

Selain itu, jangan lupa juga membeli oleh-oleh berupa tahu bakso dari Ungaran, dan mencicipi hidangan laut di Kampung Laut yang indah.

Mana wisata kuliner yang pernah kamu coba?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: