Beranda
Trending
Video
Galeri Foto
News
Entertainment
Mom
Food & Travel
Tekno & Sains
Otomotif
Woman
Bola & Sports
Bisnis
Buzz
Tentang kumparan
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
Line
Bisnis
·
10 Juli 2020 18:24

Indonesia Punya 1 Aset Negara Paling Mahal Bernilai Rp 348 Triliun, Apakah Itu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ilustrasi uang rupiah sebagai salah satu aset. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Kementerian Keuangan melakukan penilaian dan pencatatan aset negara, salah satunya kompleks Gelora Bung Karno atau GBK di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Saat ini, nilai aset tersebut mencapai Rp 347 triliun.

ADVERTISEMENT

Nilai aset kompleks GBK itu mencapai 3,3 persen dari total aset negara yang saat ini mencapai Rp 10.467,53 triliun. Ini merupakan nilai aset tertinggi di Indonesia.

"Karena lokasinya di pusat kota, jadi (nilai asetnya) tertinggi di Indonesia," ujar Direktur Barang Milik Negara (BMN) Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Encep Sudarwan dalam diskusi virtual mengenai barang milik negara, Jumat (10/7).

Secara rinci, nilai aset tanah di kompleks stadion GBK yang terletak di Senayan, Jakarta, itu sekitar Rp 345 triliun. Sementara aset bangunannya hampir Rp 3 triliun. Dengan hitungan itu, total nilai aset negara di GBK Senayan sebesar Rp 348 triliun.

Sebelumnya, pemerintah melaporkan adanya kenaikan aset milik negara, sejalan dengan perhitungan kembali aset atau revaluasi yang telah dilakukan pada 2018 hingga tahun ini.

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan 'ring road' Stadion Utama Gelora Bung Karno atau GBK di Senayan, Jakarta, Minggu (21/6). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Hasilnya, aset negara setelah dihitung kembali saat ini mencapai Rp 10.467,53 triliun, naik 65 persen dibandingkan sebelumnya yang sebesar Rp 6.325,28 triliun.

ADVERTISEMENT

"Itulah hasil revaluasi, menaikkan aset sekitar Rp 4.000 triliun. Kemarin kan kita nilai, Alhamdulillah sudah selesai sudah diaudit BPK dan keluar opininya WTP, aset tetap kita meningkat," kata Encep

Berdasarkan nilainya, aset tetap yang dimiliki Kementerian Pertahanan (Kemhan) merupakan yang tertinggi di antara kementerian dan lembaga lainnya, mencapai Rp 1.645.56 triliun atau naik 27,66 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Aset Kementerian Pertahanan Indonesia tersebut, mengalahkan aset tetap yang dimiliki Kementerian PUPR, yang mencapai Rp 1.564,61 triliun atau naik 26,3 persen dari tahun lalu.

***

Saksikan video menarik di bawah ini: