Entertainment
·
5 Juni 2020 9:12

Sebelum Terkenal, Komedian Ini Pernah Jadi Kuli Bangunan

Konten ini diproduksi oleh Berita Artis
Sebelum Terkenal, Komedian Ini Pernah Jadi Kuli Bangunan  (75732)
Aziz Gagap. Foto: Instagram/@ajis_gagap22
Tingkah laku Aziz Gagap di layar kaca kerap mengundang tawa penonton. Ia menjadi salah satu komedian yang populer dan mudah dibedakan daripada yang lain.
ADVERTISEMENT
Sesuai dengan nama panggungnya, Azis Gagap menyuguhkan karakter yang mengalami kesulitan dalam berbicara. Sebelum meraih kesuksesan seperti sekarang, ia pernah merasakan kerasnya hidup.
“Bener dulu, dulu tuh masih jadi tukang bangunan. Ada yang setahun, kerjaan apa aja diambil,” ujar Aziz ketika menjadi bintang tamu Okay Bos.
Sebelum Terkenal, Komedian Ini Pernah Jadi Kuli Bangunan  (75733)
Aziz Gagap Foto: Instagram @ajis_gagap22
Ia melakoni pekerjaan ini sembari melenong. Diketahui, Aziz Gagap merintis karier melawaknya dari panggung lenong.
Tidak hanya kuli bangunan, pria yang kini bersia 46 tahun itu pernah mencoba beragam pekerjaan lainnya. Mulai dari tukang gali sumur, tukang pompa, hingga menjadi koordinator penonton bayaran.
“(Jadi koordinator) dapet Rp 1.000 tuh untungnya, Rp 350 untuk beli nasi. Rp 650 buat ongkos dan makan,” kata Aziz.
ADVERTISEMENT
Kala itu, Aziz juga menyadari panggilan untuk tampil melenong belum tentu ada setiap hari atau setiap minggunya. Maka dari itu, ia menjajal pekerjaan lain, yakni menjadi badut ulang tahun bersama temannya.
Sebelum Terkenal, Komedian Ini Pernah Jadi Kuli Bangunan  (75734)
Aziz Gagap saat di Opera Van Java. Foto: Instagram/@ajis_gagap22
Seperti roda kehidupan yang terus berputar, berawal dari menjadi figuran orang gagap di acara Paviliun 21, ia bisa sukses seperti saat ini. Padahal, awalnya Aziz sempat memiliki keraguan untuk tampil sebagai orang gagap.
“Dulu 'kan butuh figuran-figuran. Ada, nih, satu yang di Bagito, Pak Irman ngajak, ‘Iz lo main, jadi orang gagap’. Dulu 'kan, Bang Nur Tompel lagi naik-naiknya, tinggi-tingginya, dengan karakter yang sama. Setahu Aziz, enggak ada orang yang bisa ngikutin orang yang sama sampai naik, gitu, loh,” tutur Aziz.
ADVERTISEMENT
Namun, sosok Pak Irman ini berhasil meyakinkan dirinya. Hingga akhirnya, Aziz tampil dengan memuaskan. Seiring berjalannya waktu, Aziz berhasil meraih kesuksesan dan popularitas ketika menjadi cast di Opera Van Java di tahun 2008. Namun, akhir Maret lalu, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari program yang telah membesarkan namanya.
Sebelum Terkenal, Komedian Ini Pernah Jadi Kuli Bangunan  (75735)
Aziz Gagap. Foto: Instagram@ajis_gagap22
Selain menggeluti dunia hiburan, Aziz Gagap juga terjun ke dunia bisnis hewan ternak. Bisnisnya ini diberi nama Azis Gagap Farm Bandot. Adapun hewan ternak yang tersedia adalah sapi, kambing, ayam, bebek, dan lain-lain.
Aziz Gagap juga mendirikan Pesantren Aziziyah di kawasan Bogor, Jawa Barat. Pesantren ini merupakan tempat belajar untuk anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi.