5 Makanan Berkuah Pedas yang Cocok Disajikan Saat Musim Dingin

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
19 Februari 2023 9:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Seblak. Foto: Instagram/@seblakabdul
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Seblak. Foto: Instagram/@seblakabdul
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Makanan berkuah pedas memang cocok disantap saat hujan. Selain mengenyangkan, makanan ini juga dapat menghangatkan tubuh dari cuaca dingin.
ADVERTISEMENT
Ada banyak sekali olahan khas Nusantara yang berkuah pedas seperti seblak, baso aci, dan laksa. Olahan tersebut biasanya menggunakan rempah-rempah yang melimpah.
Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang sederhana. Jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa membelinya di restoran ataupun kedai yang menjual makanan tersebut.
Masing-masing makanan berkuah pedas memiliki cita rasa yang unik. Agar lebih memahaminya, simaklah penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini

Makanan Berkuah Pedas

Ilustrasi laksa betawi. Foto: Rosdaniar/Shutterstock
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan tentang makanan berkuah pedas khas Nusantara selengkapnya yang bisa Anda simak:

1. Seblak

Seblak adalah salah satu kuliner khas Jawa Barat yang berbahan dasar kerupuk mentah. Kemudian, kerupuk tersebut direbus bersama dengan bumbu lain seperti kencur dan cabai.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Riang Bumi Priangan susunan Pipit SF, seblak biasanya dicampur dengan sayur-sayuran, daging, ayam, telur, tahu, tempe ataupun tambahan lain. Tingkat kepedasan seblak bisa diatur sesuai selera.

2. Baso Aci

Baso aci juga berasal dari Jawa Barat. Makanan ini berisi cilok kanji, cilung, pilus, baso, dan cuanki yang dihidangkan dengan kuah yang pedas.
Kuah baso aci biasanya dibuat dari kaldu sapi, tetelan, dan daun-daun aromatik. Makanan berkuah pedas ini cocok disajikan saat cuaca dingin atau hujan.

3. Laksa

Laksa adalah salah satu makanan tradisional masyarakat Melayu yang berkuah pedas. Makanan ini berbahan dasar laksa kering (sejenis tepung terigu), ikan tambakan atau ikan selikur, dan kelapa
ADVERTISEMENT
Dijelaskan dalam buku Ensiklopedi Makanan Tradisional Indonesia susunan Haru Nur Rasyid (2004), bumbu yang digunakan untuk membuat laksa yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, bumbu kari, kelapa sangrai, cengkeh, kayu manis, kapulaga, daun kari, dan garam. Rempah-rempah tersebut membuat cita rasa laksa semakin lezat.
Ilustrasi cilok. Foto: Aris Setya/Shutterstock

4. Cilok Goang

Adonan cilok goang terbuat dari tepung tapioka atau aci. Cilok khas Tasikmalaya ini dihidangkan dengan kuah sambal goang yang pedas. Makanan ini cocok disantap saat hujan.

5. Mi nyemek

Mi nyemek adalah perpaduan dari mi godog dan mi goreng. Beberapa orang menyebutnya sebagai mi goreng yang diberi kuah.
Biasanya, mi ini dihidangkan dengan kuah yang pedas. Mi nyemek memilii cita rasa yang khas. Mi ini cocok disajikan selagi hangat ditambah dengan acar yang segar.
ADVERTISEMENT

6. Ceker mercon

Bagi pecinta pedas, menu ceker mercon ini patut Anda coba. Biasanya, ceker mercon disajikan dengan kuah yang sedikit atau nyemek.
Sebelum dimasak dengan kuah, ceker akan direbus terlebih dahulu dengan bawang putih dan jahe untuk menghilangkan bau amisnya. Kemudian, ceker dimasak dengan bumbu halus yang super pedas.
(MSD)