kumparan
4 Desember 2019 17:14

Kisah Edgar Marvelo: Raih 2 Emas SEA Games 2019 Saat Kehilangan Ayah

edgar2.jpg
Edgar Xavier Marvelo meraih medali emas di cabor wushu di SEA Games 2019. (Foto: Instagram @edgarmarvelo)
Kisah tegar dan semangat perjuangan mengharumkan nama Indonesia datang dari salah satu atlet wushu, Edgar Xavier Marvelo. Ia berhasil menyumbangkan dua medali emas SEA Games 2019 cabor wushu nomor kombinasi daoshu/gunshu dan mens duel, Selasa (3/12).
ADVERTISEMENT
Namun, kmomen bahagia itu justru berselimut duka. Ayah Edgar Xavier Marvelo, Lo Tjhiang Meng, mengembuskan napas terakhir sebelum ia turun ke arena untuk bertanding membawa nama Indonesia di SEA Games 2019.
Mendengar kabar tersebut, Edgar Xavier Marvelo sempat down. Padahal, ia masih harus turun di satu nomor pertandingan, yaitu mens duel. Bahkan, ia pun sempat berniat membatalkan pertandingan tersebut.
edgar3(1).jpg
Edgar Xavier Marvelo. (Foto: Instagram @edgarmarvelo)
Namun, karena teringat pesan terakhir sang ayah, Edgar Xavier Marvelo pun akhirnya melanjutkan perjuangannya di SEA Games 2019 yang digelar di Filipina.
Bersama dua kompatriotnya, Harris Horatius dan Seraf Naro Siregar, Edgar Xavier Marvelo pun kembali tampil memukau meski tengah dirundung duka. Ia tampil memperagakan pertarungan menggunakan tongkat dan pedang.
jakwegix0rb60pu2phih.jpg
Edgar Xavier Marvelo meraih medali emas di cabor wushu di SEA Games 2019. (Foto: Aditia Nugraha/kumparan)
Penampilannya yang memukau itu pun berhasil mengantarkannya kembali meraih medali emas setelah mendapat nilai tertinggi, yakni 9,54 poin. Artinya, Edgar Xavier Marvelo telah mempersembahkan dua medali emas dari SEA Games 2019 untuk Indonesia. Tak hanya itu, prestasi tersebut juga ia persembahkan untuk sang ayah yang kini telah tiada.
ADVERTISEMENT
Edgar Xavier Marvelo sempat berencana langsung pulang ke Indonesia usai bertanding. Namun, Topan Kamurri yang melanda Filipina membuat seluruh penerbangan dibatalkan.
WhatsApp Image 2019-12-04 at 17.04.12.jpeg
Edgar Xavier Marvelo. (Foto: tangkapan layar Instagram @edgarmarvelo)
Edgar Xavier Marvelo langsung terbang ke Indonesia setelah cuaca kembali normal. Ia masih sempat melihat sang ayah untuk terakhir kali sebelum dikebumikan. Bahkan, dalam foto yang diunggahnya, tampak ia dengan bangga menyematkan medali emas yang diraih dalam SEA Games 2019 di dada sang ayah.
Dalam unggahannya itu, Edgar Xavier Marvelo tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada publik yang telah memberikan dukungan dan ucapan bela sungkawa atas kepergian sang ayah.
(zhd)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan