Shalat Istikharah Jodoh: Niat, Bacaan Doa, dan Tata Caranya

Konten dari Pengguna
29 Desember 2020 11:31
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Shalat Istikharah Jodoh: Niat, Bacaan Doa, dan Tata Caranya (56432)
searchPerbesar
Shalat Istikharah, Foto: Dok. pinterest.com
Shalat istikharah adalah shalat sunah untuk memohon petunjuk dari Allah, terutama jika sedang dihadapkan pada pilihan dan bingung dalam mengambil keputusan. Karena Allah Maha Mengetahui, jalan terbaik untuk mengatasi dilema adalah dengan melaksanakan shalat istikharah. Termasuk juga jika kamu sedang ingin memohon petunjuk dalam hal perjodohan.
ADVERTISEMENT
Tata pelaksanaan shalat istikharah sebenarnya sama saja seperti shalat fardhu dan sunah lainnya. Perbedaannya hanya terletak di niat dan bacaan doanya. Berikut ulasan lengkapnya.

Niat Shalat Istikharah

Berikut lafadz niat shalat istikharah, beserta latin dan artinya.
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa
Artinya: Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Shalat Istikharah

Shalat istikharah boleh dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam hari. Tetapi sebaiknya shalat sunah ini dilaksanakan pada malam hari sekitar jam 01.00. Untuk meminta petunjuk jodoh dari Allah, caranya lakukan shalat istikharah sebanyak dua rakaat, lalu membaca doa sambil maksudkan dalam hati agar diberikan petunjuk jodoh yang terbaik.
ADVERTISEMENT
Sebelum membaca doa, berikut tata cara shalat istikharah.
  1. Membaca niat shalat istikharah.
  1. Takbiratul ikhram.
  1. Membaca doa iftitah.
  1. Membaca surat Al Fatihah.
  1. Membaca surat dari Alquran, diutamakan membaca surat Al Kafirun di raka’at pertama, dan Surat Al Ikhlas di raka’at kedua.
  1. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  1. I’tidal dengan tuma’ninah.
  1. Sujud dengan tuma’ninah.
  1. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah.
  1. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  1. Mendirikan raka’at kedua. Ikuti tata cara dari nomor 2-10.
  1. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah.
  1. Salam.

Bacaan Doa Shalat Istikharah Jodoh

Sambil memohon agar diberikan petunjuk jodoh dari dalam hati, berikut bacaan doa shalat istikharah yang sebaiknya dipanjatkan usai melaksanakan shalat istikharah.
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ
ADVERTISEMENT
اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ
وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى
Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.
Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.
Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.
ADVERTISEMENT
Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.
Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.
Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.
ADVERTISEMENT
(RYFA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020