17 Manfaat Puasa Ramadhan bagi Iman dan Kesehatan

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
7 April 2022 19:20 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa sebab ada sejumlah manfaat puasa Ramadhan yang akan diperoleh. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa sebab ada sejumlah manfaat puasa Ramadhan yang akan diperoleh. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Ada sejumlah manfaat puasa Ramadhan yang akan didapatkan oleh setiap orang yang menjalankannya. Oleh sebab itu, amal ibadah ini sangat dianjurkan oleh syariat untuk dilaksanakan oleh umat Islam.
ADVERTISEMENT
Puasa Ramadhan tidak hanya bertujuan agar orang-orang dapat mengendalikan syahwatnya, tetapi puasa juga dapat meningkatkan kualitas iman dan takwa kepada Allah SWT.
Selain kedua hal tersebut, masih banyak lagi manfaat dari berpuasa. Artikel ini akan membahas macam-macam manfaat puasa Ramadan, simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Puasa Ramadhan

Dikutip dari buku Secercah Harapan karya Mahasiswa PBSI 8V UMN Al-Washliyah, berikut manfaat dari puasa Ramadhan secara umum.
Salah satu manfaat puasa Ramadan adalah meningkatkan ketakwaan. Foto: Unsplash.com

1. Meningkatkan Ketakwaan

Manfaat dari puasa Ramadan adalah meningkatkan ketakwaan. Dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 183, Allah memerintahkan untuk mewajibkan puasa bagi mereka yang beriman.
Berikut bunyi dari ayat tersebut:
يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ
Artinya:
ADVERTISEMENT

2. Menghapus Dosa

Puasa Ramadan dapat menjadi ibadah yang menghapus dosa-dosa terdahulu. Hal ini telah dijelaskan dalam hadis yang berbunyi:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Artinya:

3. Mengendalikan Syahwat

Dalam salah satu riwayat, Nabi Muhammad SAW menganjurkan bagi seorang pemuda untuk berpuasa untuk menjaga hawa nafsu apabila belum siap menikah. Dalam riwayat tersebut menyebutkan bahwa puasa merupakan pelindung dan pengendali syahwat.

4. Memperbanyak Sedekah

Berpuasa Ramadan akan membuat seseorang dapat melakukan berbagai macam kebaikan, salah satunya adalah sedekah. Sedekah pada bulan puasa akan mendatangkan sejumlah keberkahan.

5. Menyempurnakan Ketaatan

Puasa Ramadan akan dapat menyempurnakan setiap amalan yang akan dilakukan. Dalam salah satu hadis nabi menyebutkan bahwa pada saat berpuasa, setan-setan akan terbelenggu sehingga umat Islam dapat fokus dalam menjalankan ibadah.
ADVERTISEMENT

6. Meningkatkan Rasa Syukur

Melaksanakan ibadah puasa dapat meningkat rasa syukur terhadap apa yang telah diberikan oleh Allah SWT. Hal ini telah dijelaskan dalam potongan surah Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Artinya:
ADVERTISEMENT

7. Mencegah Diri dari Kemaksiatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, berpuasa akan dapat mengendalikan hawa nafsu atau syahwat sehingga hal tersebut dapat menjaga diri dari perbuatan yang maksiat dan tercela. Oleh sebab itu, puasa sering disebut sebagai perisai dari perbuatan maksiat.

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan

Manfaat puasa Ramadhan juga dapat ditinjau dari segi kesehatan karena puasa dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Unsplash.com
Puasa Ramadan mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini telah dijelaskan dalam hadis berikut ini:
اغْزُوا تَغْنَمُوا، وَصُومُوا تَصِحُّوا، وَسَافِرُوا تَسْتَغْنُوا
Artinya:
Berikut ini manfaat puasa Ramadan untuk kesehatan tubuh yang dikutip dari buku Puasa Ramadhan Dalam Perspektif al-Qur’an dan al-Hadits karya Ahsantudhonni Ahsantudhonni.

1. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Ketika seseorang berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun-racun yang tidak berguna bahkan berbahaya dari tubuh. Dengan begitu, organ dalam tubuh akan kembali bekerja dengan baik.
ADVERTISEMENT

2. Membantu Regenerasi Sel

Manfaat berpuasa Ramadan dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Ketiak seseorang berpuasa, organ-organ dalam tubuh akan melakukan proses pembaruan atau regenerasi sel dengan baik.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa Ramadan secara tidak langsung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini disebabkan adanya peningkatan fungsi sel-sel getah bening yang bekerja dengan baik.

4. Mengontrol Gula Darah

Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa puasa dapat mengontrol tingkat gula darah. Hal ini disebabkan oleh pembatasan asupan kalori dalam tubuh yang dapat mengurangi resistensi insulin.

5. Meningkatkan Fungsi Organ

Puasa akan menimbulkan adanya rangsangan terhadap seluruh sistem, jaringan, dan sel dalam tubuh. Efek dari adanya rangsangan tersebut adalah memulihkan dan meningkatkan fungsi kerja dari setiap organ yang ada.

6. Menjaga Tubuh dari Bakteri dan Virus Berbahaya

Melaksanakan ibadah puasa secara tidak langsung dapat memblokir masuknya makanan-makanan yang mengandung bakteri dan virus yang berbahaya bagi tubuh.
ADVERTISEMENT
Dengan terjaganya tubuh dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh adanya infeksi akibat bakteri dan virus.

7. Membantu Sistem Pencernaan untuk Beristirahat

Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem yang selalu bekerja. Puasa dapat membantu sistem pencernaan untuk beristirahat untuk memulihkan kembali fungsi kerjanya.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut beberapa penelitian, puasa dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan organ jantung, sehingga dapat menurunkan kadar kolestrol sebesar 25%.
Seperti yang diketahui, kadar kolesterol merupakan penyebab utama dari terjadinya serangan jantung. Begitupun dengan kadar trigliserida darah juga berkurang 32% ketika berpuasa.

9. Memperbaiki Fungsi Hormon

Ketika berpuasa, seseorang cenderung akan bersabar dan menahan amarah. Hal ini akan membuat fungsi hormon berjalan dengan baik.
Apabila fungsi hormon kembali stabil, seseorang akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit, seperti diabetes, hiperglikemi, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT

10. Menjaga Berat Badan

Puasa Ramadan dapat membantu seseorang untuk menjaga atau bahkan menurunkan berat badan. Hal ini karena puasa membuat asupan kalori dalam tubuh menjadi berkurang sehingga dapat mengurangi risiko naiknya berat badan seseorang.
(SAI)