Rata-Rata Tinggi Orang Indonesia dan Negara Lain di Asia

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
5 Juli 2023 12:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rata rata tinggi orang Indonesia. Sumber: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rata rata tinggi orang Indonesia. Sumber: Pexels
ADVERTISEMENT
Indonesia masuk dalam daftar negara di dunia dengan tinggi badan penduduk terendah berdasarkan sensus World Population Review tahun 2023. Rata rata tinggi orang Indonesia berbanding jauh dengan masyarakat negara-negara barat.
ADVERTISEMENT
Dalam daftar tersebut, Belanda menduduki peringkat pertama dengan rata-rata tinggi badan 183,79 cm, disusul oleh Montenegro dengan rata-rata 183,21 cm dan Denmark 182,6 cm. Sedangkan, daftar negara di dunia dengan tinggi badan penduduk rendah didominasi oleh negara-negara di Asia.

Rata-Rata Tinggi Orang Indonesia

Ilustrasi rata rata tinggi orang Indonesia. Sumber: Pexels
Mengutip laman resmi World Population Review, Indonesia menduduki peringkat pertama negara tinggi badan penduduk terendah. Rata-rata tinggi orang Indonesia adalah 157.98 sentimeter.
Mengutip laman Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, tinggi badan masyarakat di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, umumnya lebih rendah dibandingkan masyarakat di negara Eropa dan Amerika. Ada banyak faktor yang memengaruhi perbedaan tinggi badan tersebut.
Faktor utama adalah genetik yang diturunkan dari generasi ke generasi. Selain itu, nutrisi dan lingkungan tempat tinggal juga ikut memengaruhi tinggi badan penduduk di sebuah negara.
ADVERTISEMENT
Nutrisi yang didapatkan dari pola makan sehari-sehari berkaitan dengan kondisi ekonomi sebuah negara. Sebagian besar wilayah di Eropa dan Amerika adalah negara maju, seperti Belanda, Inggris, dan Prancis.
Mereka memiliki kondisi perkekonomian yang baik dan merata untuk setiap penduduknya. Sedangkan negara-negara di Asia, termasuk Indonesia, merupakan negara berkembang.
Tingginya angka kemiskinan menjadi penyebab banyaknya kasus kurang gizi atau stunting pada anak-anak yang akhirnya berpengaruh pada rata-rata tinggi badan penduduk di Indonesia.

Daftar Negara dengan Tinggi Badan Rendah

Selain Indonesia, berikut ini daftar negara-negara di dunia dengan penduduk yang memiliki tinggi badan rendah.
ADVERTISEMENT
(ALS)