kumparan Event Calendar | Desember 2021

3 Desember 2021 18:25 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
kumparan event calendar Desember 2021. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
kumparan event calendar Desember 2021. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
Sampai juga kita di pengujung tahun! Jika biasanya bersuka cita menyambut bulan akhir di kalender masehi ini, berbeda dengan Desember kali ini. Terdapat beberapa aturan yang diterapkan pemerintah terkait bulan ini seperti ASN dilarang mengambil cuti dan bepergian ke luar daerah, pengetatan aturan terkait perjalanan internasional, serta libur panjang sekolah yang ditunda ke Januari 2022. Ini semata-mata karena untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona ketika libur Natal dan Tahun Baru 2022, apalagi munculnya varian baru dari virus ini, Omicron.
ADVERTISEMENT
Meski varian tersebut belum bertengger di Indonesia, kita harus tetap waspada, ya. Agar tetap bersemangat di akhir tahun, kumparan mempersembahkan berbagai acara yang bisa disaksikan cukup dari rumah saja. Yuk, simak program Desember di bawah ini.
Calendar Event Desember 2021. Foto: Tim Kreatif kumparan
IG Live kumparan Home of Premier League Topik: Menanti Racikan Ciamik ala Ralf Rangnick di MU Hari/Tanggal: Kamis, 2 Desember 2021 Pukul 16.00 WIB Ringkasan Acara: Manchester United raih kemenangan lawan Arsenal pada Jumat (3/12) dini hari. Lewat gol di menit ke-44 oleh Bruno Fernandes dan dwigol di menit ke-52 dan 70’ dari Cristiano Ronaldo, Setan Merah menang 3-2 dari Arsenal. Hasil ini menunjukkan para pemain MU bermain gemilang dengan debut pelatih baru, Ralf Rangnick. kumparan membahas bagaimana langkah Rangnick dalam meracik MU ke depannya. Simak pembahasannya di Instagram Live kumparan bersama Sports Koordinator United Indonesia Jakarta, David Simamora, dan Humas AIS Jakarta, Andi Raven. Kamu bisa tonton langsung live-nya di tautan ini.
ADVERTISEMENT
Live Corona Update Topik: Geger Varian Corona Super Omicron Hari/Tanggal: Jumat, 3 Desember 2021 Pukul 15.00 WIB
Ringkasan Acara: Varian terbaru virus corona, Omicron, yang berasal dari Afrika Selatan muncul pada 24 November lalu. Dua hari setelahnya Omicron ditetapkan sebagai variant of concern, bahkan kemampuan menularnya 8 kali lebih cepat dari virus aslinya.
Namun, apakah varian ini berpotensi menyebabkan lonjakan kasus? Apakah varian ini dapat menggantikan dominasi varian Delta? kumparan membahasnya bersama ahli epidemiologi dari Universitas Airlangga, Windhu Purnomo, pada Live Corona Update bertajuk ‘Geger Varian Corona Super Omicron’ pada Jumat (3/12). Tayangan lengkapnya dapat dilihat di sini. IG Live kumparan Bersama Prenagen Topik: 1001 Cara Sehat Siapkan Kehamilan Hari/Tanggal: Jumat, 3 Desember 2021 Pukul 16.00 WIB
ADVERTISEMENT
Ringkasan Acara: Setelah menikah, seringkali pasangan ingin memiliki momongan secepatnya. Tentu bisa melakukan berbagai upaya untuk mencapai hal tersebut, salah satunya menambah pengetahuan dan persiapan untuk bisa hamil secepatnya.
Nah, kumparan bersama PRENAGEN mengajak momfluencer, Conchita Caroline, dan Healthcare Communicator Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka mengenai persiapan kehamilan. Tayangannya bisa dilihat di IG Live kumparan pada Jumat (3/12) yang dapat diklik di sini.
Live Corona Update Topik: Gonta-ganti Kebijakan saat Nataru Hari/Tanggal: Jumat, 10 Desember 2021 Pukul 15.00 WIB Ringkasan Acara: Pemerintah telah membatalkan penerapan PPKM Level 3 secara serentak di seluruh Indonesia. Pembatalan bukan tanpa alasan, salah satunya karena cakupan vaksinasi COVID-19 sudah mencapai 76 persen untuk dosis pertama saja.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa alasan di balik berubah-ubahnya aturan ini? Seperti apa penerapan pengetatan pada libur nanti? kumparan membahasnya dengan Staf Khusus Kemenko Kemaritiman dan Investasi Mochammad Firman Hidayat di Live Corona Update bertajuk ‘Gonta-ganti Kebijakan Pengetatan saat Nataru’ yang tayang pada Jumat (10/12). Selengkapnya bisa dilihat di sini.
Stand Up Comedy Bersama UN Women Topik: Comedy for Equality Hari/Tanggal: Jumat, 10 Desember 2021 Pukul 19.00 WIB Ringkasan Acara: Guyonan seksis merendahkan perempuan masih sering terjadi di negeri ini. Upaya untuk memerangi hal ini pun telah dilakukan berbagai pihak. Salah satunya lewat ajang stand-up comedy. Karena itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Indonesia, UN Women, dan United Nation Population Fund (UNFPA) menggelar pertunjukan ‘Comedy for Equality’ yang menampilkan 10 komika terpilih dibimbing oleh komika Indonesia, Sakdiyah Ma’ruf.
ADVERTISEMENT
Berkolaborasi dengan kumparan, Comedy for Equality diselenggarakan pada Sabtu (11/12) secara virtual. Tema yang diangkat mengeai isu kesetaraan gender dan kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP). Tujuan utama dari Comedy for Equality ini adalah untuk membuat percakapan soal topik serius tidak terlalu menakutkan. Saksikan langsung penampilan para komika perempuan di Comedy for Equality di sini.
kumparan Talkshow Bersama Enfagrow Topik: IQ vs EQ: Mana yang Lebih Penting? Hari/Tanggal: Senin, 13 Desember 2021 Pukul 16.00 WIB Ringkasan Acara: Perkembangan IQ dan EQ yang berimbang sangat penting bagi anak di masa sekarang dan masa depan. Namun, tanpa sadar, para ibu lebih sering menstimulasi perkembangan IQ dibandingkan EQ anak. Agar keduanya seimbang, para ibu dapat memberikan stimulasi yang sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif dan kemampuan emosi anak.
ADVERTISEMENT
kumparan bersama Enfagrow A+ berbagi rahasia untuk membantu stimulasi IQ maupun EQ anak secara bersamaan di The #MissingHalf Live Talk yang dapat disaksikan di YouTube kumparan pada Senin (13/12). Tautannya dapat langsung diklik di sini.
Live Corona Update Topik: Waspada! Omicron Sudah Masuk Indonesia Hari/Tanggal: Jumat, 17 Desember 2021 Pukul 15.00 WIB Ringkasan Acara: Kasus pertama varian corona Omicron di Indonesia diumumkan pada Kamis (16/12). Menyusul dua warga Indonesia lagi yang terdeteksi terkena varian baru tersebut. Mereka masing-masing sebelumnya melakukan perjalanan ke Amerika Selatan dan Inggris. Menkes Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat agar tidak bepergian ke luar negeri dulu. Di sisi lain, riset terbaru menunjukkan virus corona Omicron 70 kali lipat lebih cepat menular dan berkembang biak ketimbang varian Delta dan varian original dari Wuhan.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana mengantisipasi agar tidak terinfeksi varian Omicron? Kumparan membahasnya bersama Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, di Live Corona Update bertajuk ‘Waspada! Omicron Sudah Masuk Indonesia’ pada Jumat (17/12). Selengkapnya bisa dilihat di sini. kumparan Talkshow Bersama Prenagen Topik: Dampak Kekurangan Nutrisi Saat Hamil dan Menyusui Hari/Tanggal: Sabtu, 18 Desember 2021 Pukul 16.00 WIB
Ringkasan acara: Anak tumbuh sehat adalah kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, tapi tak kalah penting kesehatan ketika ibu hamil dan menyusui. Ketika usia kehamilan menginjak 24 minggu, otak janin telah memiliki 10 miliar sel yang berkembang sesuai nutrisi yang dikonsumsi ibu. Karenanya, jika ibu kekurangan nutrisi ketika hamil, ini meningkatkan risiko kesehatan anak di masa pertumbuhannya.
ADVERTISEMENT
Lalu, masalah apa yang terjadi jika kurang nutrisi ketika ibu hamil dan menyusui? Apa yang mesti dilakukan ibu supaya asupan nutrisi selalu terpenuhi? kumparan bersama Prenagen membahasnya dalam Live Talkshow bertema ‘Kekurangan Nutrisi saat Hamil dan Menyusui, Apa Sih Dampaknya?’ Lengkapnya dapat dilihat di sini.
My Mom, My Inspiration Topik: #IbuPahlawanKehidupan Hari/Tanggal: Selasa-Rabu, 21-22 Desember 2021 Pukul 10.00 WIB Ringkasan Acara: kumparanWOMAN dan kumparanMOM sukses menyelenggarakan My Mom, My Inspiration 2021 yang berlangsung secara virtual selama dua hari berturut-turut pada 21-22 Desember 2021. Acara yang mengusung tema “Ibu Pahlawan Kehidupan” ini telah disaksikan oleh 163,598 penonton. Pada tahun ini, Acara My Mom, My Inspiration hadirkan beberapa program untuk merayakan hari ibu. Mulai dari Virtual Conference, Talkshow dan Penghargaan She Inspires Award yang diberikan kepada para perempuan Indonesia karena komitmen dan sepak terjang mereka telah membawa dampak positif bagi masyarakat luas, terutama pada masa pandemi. Saksikan siaran ulang acara My Mom, My Inspiration 2021 Day 1 di sini dan Day 2 di sini.
ADVERTISEMENT
Live Corona Update Topic:Omicron Menyebar, WNI Tetap Pergi ke Luar Negeri Hari/Tanggal: Jumat, 24 Desember 2021 Pukul 15.00 WIB
IG Live kumparanMOM Kelas Cerdas Topik: Perlukah Ibu Buat Resolusi Tahun Baru Hari/tanggal: Rabu, 29 Desember 2021 Pukul 14.00 WIB
Kelas Investasi Eps 9 Topik: Analisis Teknikal atau Fundamental, Mana Lebih Cuan?Hari/tanggal: Rabu, 29 Desember 2021Pukul 19.00 WIB
Live Corona Update Hari/Tanggal: Jumat, 31 Desember 2021 Pukul 15.00 WIB
----------------------
Artikel akan di-update secara berkala. Simak informasi ter-update program kumparan di kumparan Event Calendar | Desember 2021.