Ke Inggris, Anies Jajaki Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik

14 Mei 2022 20:13
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ke Inggris, Anies Jajaki Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik (278065)
zoom-in-whitePerbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan penandatanganan MoU antara PT Transportasi Jakarta dengan Switch Mobility dan MoU kerja sama antara PT MRT Jakarta dengan Crossrail Internasional di Inggris. Foto: Instagram/@aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kerja ke Inggris untuk menjajaki kerja sama pengembangan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) bagi BUMD DKI Jakarta. Kerja sama tersebut dijalin dalam kerangka UK-Indonesia EV Forum 2022.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari akun instagram resmi Anies Baswedan, gelaran UK-Indonesia EV Forum 2022 itu diselenggarakan atas kerja sama sejumlah pihak. Yakni kolaborasi Global Indonesia Professionals' Association (GIPA) dengan PT Transportasi Jakarta (Trans Jakarta) dan Pemprov DKI Jakarta.
Selain itu juga mendapat dukungan dari Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), Kadin Indonesia, Connected Catapult Places, KBRI London, dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.
Untuk pengembangan kendaraan listrik, dalam kesempatan itu Anies Baswedan juga menyaksikan penandatanganan MoU antara BUMD DKI Jakarta sektor transportasi dengan mitra kerja mereka.
"Saya juga turut serta menyaksikan penandatanganan MoU kerja sama antara PT Transportasi Jakarta dengan Switch Mobility, dan MoU kerja sama antara PT MRT Jakarta dengan Crossrail Internasional," kata Anies Baswedan, Sabtu (14/5).
Ke Inggris, Anies Jajaki Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik (278066)
zoom-in-whitePerbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan penandatanganan MoU antara PT Transportasi Jakarta dengan Switch Mobility dan MoU kerja sama antara PT MRT Jakarta dengan Crossrail Internasional di Inggris. Foto: Instagram/@aniesbaswedan
Menurut Anies, UK-Indonesia EV Forum bertujuan untuk meningkatkan peluang kemitraan dengan menghubungkan pemangku kepentingan utama di Inggris dan Indonesia. Tujuan kemitraan itu untuk mendukung agenda elektrifikasi kendaraan yang digaungkan Presidensi G20 Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Forum ini mempertemukan para pemikir terkemuka, pemimpin bisnis, akademisi dan profesional dari berbagai industri untuk membahas terobosan dan tantangan dalam mengakselerasi mobilitas berkelanjutan dan ekosistem infrastruktur kendaraan listrik," ujarnya.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Elektrifikasi sektor transportasi Indonesia, ujar Anies, berpotensi untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar USD 31,5 miliar pada tahun 2030.

Profil Switch Mobility dan Crossrail International

Dikutip dari laman resminya, Switch Mobility Limited yang bermitra dengan Trans Jakarta, merupakan produsen kendaraan listrik asal Inggris yang telah berdiri sejak 1984. Meski demikian, perusahaan yang berkantor pusat di Leeds ini, menyebut punya pengalaman pengembangan teknologi lebih dari seabad.
Ke Inggris, Anies Jajaki Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik (278067)
zoom-in-whitePerbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) berbincang dalam acara Inaugurasi Bus Listrik Transjakarta di depan Balai Kota, Jakarta, Selasa (8/3/2022). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO
"Kami merupakan perusahaan kendaraan listrik next generation yang didukung pengalaman lebih dari 100 tahun," tulis Switch Mobility di situs resmi perusahaannya.
ADVERTISEMENT
Bus listrik perdana buatan Switch Mobility Limited pertama kali mengaspal di jalanan kota London pada 2014. Perusahaan memproduksi berbagai jenis bus, seperti bus listrik tingkat atau Metrodecker, bus listrik body panjang yang dinamai Metrocity, dan bus listrik 9.4m dan bus listrik 12m.
Sedangkan Crossrail International (CI) yang menjajaki kerja sama dengan MRT Jakarta, merupakan konsultan bidang perkeretaapian atau transportasi berbasis rel. Crossrail International sepenuhnya dimiliki oleh Departemen Transportasi (DfT) Pemerintah Inggris.
"Kami memberikan saran strategis secara global kepada organisasi klien yang mengembangkan dan mengoperasikan transportasi perkeretaapian yang kompleks," tulis Crossrail International di situs resmi mereka.
***
Ikuti program Master Class, 3 hari pelatihan intensif untuk para pelaku UMKM, gratis! Daftar Sekarang DI LINK INI
ADVERTISEMENT