kumparan
15 Februari 2020 5:15

Atletico Ditahan Imbang di Kandang Valencia

[PORTRAIT] Valencia vs Atletico
Marcos Llorente (kanan) beradu dengan Geoffrey Kondogbia. Foto: REUTERS/Sergio Perez
Meski sempat unggul, pada akhirnya Atletico Madrid harus menerima hasil imbang 2-2 dalam laga melawan Valencia di Estadio Mestalla, Sabtu (15/2/2020) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Los Rojiblancos pada laga ini diciptakan Marcos Llorente dan Thomas Partey. Sementara, gol Valencia muncul dari Gabriel Paulista dan Geoffrey Kondogbia.
Karena hasil ini, kini Atletico berada di peringkat keempat klasemen sementara La Liga dengan raihan 40 poin. Di lain sisi, Valencia di peringkat keenam dan tertinggal 2 poin dari Atletico.
***
Pada laga ini, Atletico Madrid turun dengan skema 4-4-2. Dalam urusan membobol gawang lawan, tim binaan Diego Simeone ini menjadikan Angel Correa dan Vitolo sebagai tumpuan utama.
Di lain sisi, Valencia juga menerapkan formasi 4-4-2. Gabriel Paulista di bek, Dani Parejo sebagai orkestrator lini tengah, dan Maxi Gómez bertandem dengan Goncalo Guedes di posisi striker.
Di babak pertama, Atletico melepas 3 tembakan. Menariknya, 2 di antaranya berhasil berbuah menjadi gol.
ADVERTISEMENT
Keran gol Atletico telah terbuka pada menit ke-15. Bermula dari serangan cepat dari sisi kanan, Correa melepas tembakan di kotak penalti. Upayanya meleset, tapi beruntung bagi Atletico bola kemudian mengarah ke Marcos Llorente.
Dengan kondisi minim kawalan, eks gelandang Real Madrid itu pun berhasil melepas tembakan berujung gol.
Setelah skor berubah menjadi 1-0 untuk Atletico, laga ini tetap sengit. Sisi tepi sama-sama menjadi cara andalan kedua tim dalam menyerang. Meski begitu, baik Atletico dan Valencia sama-sama kesulitan menembus kotak penalti lawan.
Di menit ke-40, akhirnya Valencia berhasil mencetak gol. Gol ini dikreasikan oleh Maxi Gomes melalui umpan silang kepada Paulista. Dengan kepalanya, eks bek Arsenal ini membikin gol.
Valencia vs Atletico
Sengitnya duel Atletico Madrid versus Valencia. Foto: REUTERS/Sergio Perez
ADVERTISEMENT
Namun, dua menit berselang, Atletico kembali unggul melalui gol Thomas Partey. Gol ini tercipta dengan spektakuler. Partey mendribel bola seorang diri dari tengah lapangan, melewati enam pemain lawan, dan melepaskan tembakan di kotak penalti.
Setelah tertinggal 1-2, Valencia meningkatkan intensitas serangan pada babak kedua. Hasilnya kemudian terlihat pada menit ke-59.
Kala itu, Parejo mengirimkan umpan silang ke kotak penalti lawan. Dengan cara tak lazim, Geoffrey Kondogbia menyambar umpan ini di kotak penalti. Jan Oblak terdiam, dan dengan begitu bola pun bisa masuk dengan leluasa ke gawang Atletico.
Namun, setelah skor menjadi imbang 2-2, Valencia tetap kesulitan membobol gawang lawan. Begitu pula dengan Atletico. Pada akhirnya, kedua tim harus terima dengan hasil imbang ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan